Mohon tunggu...
Enny Ratnawati
Enny Ratnawati Mohon Tunggu... Lainnya - penulis lepas,blogger

Enny ratnawati -- Ibu 3 anak. Sudah lama hanya bekerja dari rumah saja melalui menulis :) pembaca yang setia, penulis lepas, ghost writer, blogger Contact me : ennyra23@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Penghasilan dari Rumah Melalui Menulis

1 September 2021   10:26 Diperbarui: 1 September 2021   10:39 157 10 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Banyak yang mengira menulis hanya sebagai hobi atau terapi saja. Padahal sejatinya menulis bisa dijadikan penghasilan yang lumayan. Bukan hanya sebagai penghasilan tambahan tapi penghasilan utama. Inilah pengalaman saya menulis dari rumah dan menghasilkan.

Pertama mengenal soal menulis yang menghasilkan sejak duduk di bangku kuliah. Saat itu, di lembaga pers mahasiswa melihat para senior berbondong-bondong mengirimkan tulisan mereka ke media massa lokal maupun media nasional. Ternyata cukup sukses juga mengikuti jejaknya mereka.

Tulisan pertama komersil saat itu,  dimuat di media lokal Jogja,  Koran Bernas, kalau tidak salah untuk Kolom khusus buat mahasiswa. Kemudian sempat juga resensi buku kalau tak salah masuk ke Warta Ekonomi.  

"Kemandirian"  dalam menulis sedikit berkurang ketika mulai bekerja sebagai jurnalis. Menulis bukan lagi hobi tapi semacam kewajiban tiap hari. Kreatif menurut saya sudah semakin menurun karena rutinitas sebagai jurnalis. 

Walaupun sama-sama menghasilkan tulisan. Targetnya cuma memenuhi deadline saja dan menulis tema yang ditemukan di lapangan atau lewat wawancara.

Sampai 7 tahun bekerja akhirnya memutuskan resign sebagai pekerja tetap. Saat itu memang juga sudah lahir anak kedua dan alasan jujurnya karena jugasudah nyaman dengan tempat kerja.

Perjuanganpun dimulai disini. Oh iya, tapi sebenarnya tidak full berhenti bekerja sih. Sempat mampir di beberapa tempat tapi sebagai pekerja lepas. Walau tetap menerima gaji bulanan juga. Namun, tentu saja ritme sangat berbeda dari kerja di tempat pertama dulu . Ada tempat kerja yang hanya masuk saat meeting saja.

Ada yang hanya bekerja ketika ketemu klien selebihnya bekerja di rumah. Kemudian pindah lagi ke tempat kerja yang masuknya seminggu 2x. Lumayanlah waktu itu buat ngisi-ngisi kekosongan waktu dan nambah-nambah penghasilan tetapi tidak mengikat.

Tapi sebenarnya dari 2009 dimulai perjuangan untuk menjadi penulis lepas yang benar-benar tak terikat sama pekerjaan.

Beberapa pekerjaan menulis yang saya lakukan secara mandiri :

  • Mencoba menulis cerita anak dan dikirimkan ke berbagai media. Ada sesekali dimuat.
  • Ikut dalam job-job an per proyek (ini memerlukan relasi banget) : mulai penulisan annual report perbankan, penulisan buku , penulis di media internal perusahaan dan banyak lagi
  • Mencari order secara mandiri -- pernah jadi media konsultan juga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan