Mohon tunggu...
Endang S.Ag
Endang S.Ag Mohon Tunggu... Guru - CGP-SMP Mubtadiat Arjawinangun Cirebon

Menulis adalah kreatifitas berfikir

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sintesis Antar Materi Nilai dan Peran Guru Penggerak

14 November 2020   01:36 Diperbarui: 27 April 2021   19:10 4034
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sintesis Antar Materi Nilai dan Peran Guru Penggerak (green chameleon/unsplash)

Pada hakikatnya perilaku manusia yang ada dimuka bumi ini adalah  banyak di pengaruhi oleh sebuah nilai  , disadari ataupun tidak manusia, mengandung nilai-nilai tertentu. Nilai adalah seluas potensi kesadaran manusia sesuai dengan individualitas dan keunikan kepribadianya, ada manusia yang memuja materi, karena bagian hidup ini ditentukan oleh materi. 

Ada manusia yang memuja keindahan, karena di dalamnya manusia menikmati kebahagiaan. Ada manusia yang memuji jabatan karena menanggap  jabatan adalah sebuah kesuksesan Nilai itu sungguh-sungguh ada dalam arti bahwa ia praktis dan efektif di dalam jiwa dan tindakan manusia dan melembaga secara obyektif di dalam masyarakat.. 

Nilai memiliki pengertian yang telah didefinisikan para ahli dan Jenis-jenis nilai atau macam-macam nilai, sehingga dalam penjelasan tentang nilai dapat kita mengerti dengan jelas.

Berbicara tentang nilai dan peran guru penggerak tidak lepas dari sebuah capaian dan profil yang harus mampu menerapkan prinsip prinsip pengembangan dalam menggerakan sebuah perubahan diantaranya mampu merumuskan nilai nilai diri yang selaras dengan upaya penumbuhan murid merdeka, harus mampu membuat perubahan diri yang akan mendukung penguatan nilai dan peran guru. 

Dalam pandanagan Ki Hajar Dewantara kaitanya dengan Kontek dasar pendidikan adalah seorang guru harus bisa menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan  dan kebahagiaan yang setinggi tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarkat. 

Berpusat pada murid identiknya seorang guru mampu menjadi pelayan dalam kegiatan pembelajaran dikelas , menghindari melakukan  hukuman hukuman yang akan membuat anak anak tertekan, minat belajar anak akan hilang karena dihantui dengan perasaaan tidak nyaman dalam setiap kegiatan berikan hukuman dan teguran harus dipikirkan dampaknya. Memikirkan dampak dari hukuman lebih utama dari memeberikan hukuman kemudian esensi dari hukuman itu kurang tercapai.

Kemudian masih dalam kaitannya dasar dasar pendidikan KHD bahwa  guru dan siswa seperti  halnya seorang petani dengan tanamannya. Seorang petani tidak bisa memaksa agar tanamannya cepat berbuah dengan menarik batang atau daunnya. Tanaman itu akan berbuah manakala ia memiliki potensi untuk berbuah serta telah sampai pada waktunya untuk berbuah. 

Tugas seorang petani adalah menjaga agar tanaman itu tumbuh dengan sempurna, tidak terkena hama penyakit yang dapat menyebabkan tanaman tidak berkembang dan tidak tumbuh dengan sehat, yaitu dengan cara menyemai, menyiram, memberi pupuk dan memberi obat pembasmi hama. Demikian juga halnya dengan seorang guru. Guru tidak dapat memaksa agar siswanya jadi "A" atau jadi "B Siswa akan tumbuh dan berkembang menjadi seseorang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. 

Tugas guru adalah menjaga, mengarahkan dan membimbing agar siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, kodrat,minat dan bakatnya. Inilah makna peran sebagai pembimbing pembelajaran . Jadi, inti dari peran guru sebagai pembimbing adalah terletak pada kekuatan intensitas hubungan interpersonal antara guru dengan siswa yang dibimbingnya. 

Peran guru penggeak dituntut untuk mampu mengidentifikasi siswa yang diduga mengalami kesulitan dalam belajar, melakukan diagnosa, dan kalau masih dalam batas kewenangannya, berkolaborasi dengan kesiswaan dan bimbingan konseling disekolah itu, tentunya untuk mencari solusi positif tanpa merugikan masa depan si anak 

Hal ini yang digagaskan oleh Ki Hajar Dewantara tentang bagamana murid menjadi manusia yang merdeka.karakter merdeka dengan tetap memelihara ketertiban dan kedamaian ditengah  masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun