1.3.a.9. Aksi Nyata - Modul 1.3
CGP Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek : Endah Wahyuni, S.Pd.
Fasilitator : SUYATNO, S.Pd., M.Pd
Pengajar Praktik : Ika Vidiasari Aristawati, S.Pd.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.
Tugas
Buatlah dokumentasi untuk Bapak/Ibu pribadi mengenai proses yang terjadi. Utamakan dokumentasi tersebut pada tahapan-tahapan yang Bapak/Ibu anggap penting. Dokumentasi dapat berupa foto atau video. Kemudian, setiap minggunya, buatlah jurnal cerita singkat dalam situs portofolio digital dimana Bapak/Ibu dapat menceritakan pengalaman berkesan yang Bapak/Ibu peroleh selama menjalankan aksi nyata. Jurnal ini dapat berupa cerita 1 paragraf tentang 1 hal menarik yang Bapak/Ibu temukan dalam proses Aksi Nyata. Â Selain menjadi catatan pengembangan profesi Bapak/Ibu, jurnal singkat ini akan membantu Bapak/Ibu saat hendak menulis artikel refleksi di akhir paket modul dan melakukan pendampingan individu bersama Pengajar Praktik.
Pengerjaan Tugas
Aksi nyata modus 1.3 visi guru penggerak
Sebagai implementasi dari rencana manajemen perubahan yang telah dibuat dengan pendekatan inquiry apresiatif untuk menumbuhkan murid yang memiliki profil pelajar Pancasila
Latar belakang aksi nyata
Berdasarkan tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu menuntun segala kodrat pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya, baik sebagai anggota masyarakat maupun sebagai manusia.
Sebagai calon guru penggerak saya berperan untuk menonton dan menumbuhkan kepemimpinan murid yang memiliki profil belajar Pancasila melalui pengajaran dan pembiasaan yang disesuaikan dengan kondisi murid maupun situasi di sekolah
Melalui pendekatan inkuiri apresiatif saya sebagai calon guru penggerak merumuskan visi murid impian yaitu mewujudkan profil pelajar "Pancasila unggul dalam prestasi terdepan dalam teknologi dan mempunyai daya saing tinggi"
Dari visi tersebut kemudian saya mengerjakan salah satu aspek fisik berkarakter melalui prakarsa perubahan diri yaitu "melatih kemampuan komunikasi murid melalui orasi dipublikasikan di media sosial"
Dengan aset atau kekuatan yang dikembangkan adalah mandiri yang merupakan bagian dari profil pelajar Pancasila.
Tujuan aksi nyata
Mewujudkan siswa yang berkarakter profil pelajar pancasila khususnya pada dimensi mandiri yaitu dengan meningkatkan kemampuan komunikasi murid melalui orasi dan dipublikasikan di media sosial
Tahapan aksi nyata
- Persiapan
- Pelaksanaan
- Refleksi
Persiapan
1. Membuat perencanaan strategi penerapan aksi nyata
2. Melakukan sosialisasi
3. Koordinasi dengan kepala sekolah dan rekan guru sejawat
Pelaksanaan
Pada tahap ini saya mengimplementasikan prakarsa perubahan diri yang telah saya rencanakan dengan tahapan Bagja yaitu kegiatan-kegiatan yang tertuang dalam kegiatan belajar mengajar dan pembiasaan yang dapat meningkatkan komunikasi siswa
Refleksi
- Menulis jurnal refleksi mengenai pengalaman perasaan dan pembelajaran selama proses aksi nyata
- Membuat rencana tindak lanjut mengenai apa yang akan saya perbaiki dan saya tingkatkan dari aksi nyata
- Meminta kritik saran dan masukan dari rekan se-jawa dan siswa untuk perbaikan diri di masa mendatang
Untuk melihat pemaparan dari Aksi Nyata Modul 1.3 bisa dilihat dalam chanel youtube berikut ini https://youtu.be/cRbsDPsMqgs