Mohon tunggu...
Encon Rahman
Encon Rahman Mohon Tunggu... Guru - Encon Rahman Guru penerima penghargaan internasional dari PMCA Thailand 2017. Narasumber berbagai pelatihan di tingkat nasional.

Encon Rahman narasumber dan trainer.. Pengawas sekolah dinas pendidikan Kabupaten Majalengka.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

(12) Cara Mempersiapkan Referensi Artikel

10 April 2022   16:22 Diperbarui: 11 April 2022   05:58 178 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ada pertanyaan seorang kawan yang masuk ke WhatsAap saya 081313178979, "Kang Encon Rahman, bagaimana caranya kita mempersiapkan referensi untuk tulisan artikel yang akan saya kirim ke media cetak?"

Pada saat WA itu dibaca, posisi saya sedang menjadi narasumber pada pelatihan "Teknik mengelola keuangan pasca pensiun" yang diselenggarakan oleh salah satu BKPSDM kabupaten di provinsi Jawa Barat. Pelatihan dilaksanakan di Ciater, Subang. Karena tanggung, saya belum sempat menjawab pertanyaan tersebut. Nah, baru setelah selesai mengisi kelas pelatihan, saya menjawab pertanyaan tersebut.

Referensi Artikel

Membahas referensi dan tulisan artikel ibarat dua sisi mata uang logam. Keduanya tidak bisa dipisahkan. Artikel tanpa referensi ibarat sayur tanpa garam. Artikel merupakan tulisan ilmiah populer. Definis ini memberi gambaran kepada kita, bahwa menulis artikel wajib menyertakan referensi yang memperkuat argumen kita.

"Berapa jumlah referensi yang layak untuk satu artikel kang?" tanya teman saya lagi via WA.

Saya katakan, "Relatif. Bro!" Tidak ada ketentuan yang pasti berapa jumlah referensi dalam sebuah artikel. Namun, jika kita memperhatikan jumlah kolom  media cetak yang sangat terbatas, tentu referensi tersebut juga terbatas. Yang terpenting menurut saya artikel itu harus menyertakan referensi. Jika tidak ada refefensi, bisa jadi tulisan itu bukan  jenis artikel. Mungkin opini atau esay.

Catatan Akhir

Salah satu ciri khas tulisan artikel, yaitu adanya referensi untuk memperkuat argumen. Referensi dalam artikel bisa berupa kutifan, bisa juga berupa data yang jelas sumbernya. 

Majalengka, 10 April 2022

Tulisan ke-12 dari 1000 tulisan yang akan disajikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan