Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Mengulik Seniman dalam Dunia Politik

29 Mei 2021   12:11 Diperbarui: 29 Mei 2021   12:22 111 19 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengulik Seniman dalam Dunia Politik
Abdee Slank (dok.MediaIndonesia.com)

Diangkatnya Abdee Slank sebagai komisaris PT Telkomsel TBK menimbulkan beragam reaksi. Ada yang nyinyir dan ada pula yang mendukung. Hal ini menjadi polemik tersendiri. 

Tapi, apakah seniman tidak boleh berpolitik? Tidak ada larangan untuk itu. Semua warga negara mempunyai hak yang sama di bidang politik. Persoalannya utama justru terletak pada kecerdasan dan kemampuan yang memadai.

Memang harus kita akui, banyaknya artis yang menjadi anggota DPR dianggap kurang kredibel. Apalagi artis wanita yang ternyata meraup suara karena popularitas dan kecantikannya. 

Namun sebenarnya di antara para seniman juga memiliki kecerdasan yang tinggi. Mereka mampu menelaah setiap peristiwa politik. Iwan Fals dan Slank, banyak membawa  politik dalam lagu-lagu mereka.

Di dunia internasional, kita mengenal seniman yang juga sukses di bidang politik. Contoh paling menyolok adalah Ronald Reagan, yang menjadi Presiden Amerika Serikat ke 40. Dia adalah aktor dan juga ketua serikat pekerja.

Lalu ada Arnold Schwarzenegger, bintang film yang berhasil menjadi gubernur California selama dua periode. Film Arnold Schwarzenegger yang paling terkenal adalah the Terminator. Aktor laga Steven Seagal pun terjun ke politik. Paling anyar adalah Kanye West yang baru tahun lalu memulai debutnya di bidang politik.

Maka jangan pesimis dan underestimate terhadap seniman Indonesia yang terjun ke dunia politik. Kalau mereka mempunyai kemampuan, kenapa tidak? Asalkan mereka bersungguh-sungguh mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

Abdee Slank, selain sebagai pentolan kampanye revolusi mental-nya Jokowi, juga penggagas badan ekonomi kreatif (Bekraf). Abdee Slank berusaha berkiprah membantu bangkitnya UMKM yang menggerakkan dan menyelamatkan perekonomian Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir tentu tidak sembarangan menunjuk Abdee Slank. Semua komisaris diperiksa dahulu rekam jejaknya. Jadi tidak sekedar bahwa dia berjasa dalam kampanye pilpres untuk memenangkan Jokowi.

Abdee Slank patut mendapatkan kesempatan. Biarkan dia membuktikan kemampuannya. Seorang seniman yang kreatif seperti Abdee, tentu akan berusaha pula meningkatkan  kinerja di PT Telkomsel TBK agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sebaik-baiknya.

VIDEO PILIHAN