Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Target Turki Empat Tahun ke Depan, Tekan Inflasi Satu Digit

12 Juli 2019   15:59 Diperbarui: 12 Juli 2019   16:10 0 7 1 Mohon Tunggu...
Target Turki Empat Tahun ke Depan, Tekan Inflasi Satu Digit
Presiden Turki, Erdogan (dok.AKParti)

Turki telah meletakkan landasan untuk periode empat tahun ke depan dalam bidang perekonomian. Perkembangan  perekonomian negara ini sangat dinamis, tetapi memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan sehingga menaikkan pendapatan  secara nasional.

"Turki telah memperoleh pengalaman yang signifikan dalam memerangi serangan mata uang asing dalam periode terakhir," jelas Menteri Keuangan Turki, Berat Albayrak  selama Majelis Umum Biasa ke-7 dari Asosiasi Leasing Keuangan di Istanbul beberapa hari yang lalu.

Sejauh ini perkembangan positif tampak untuk mata uang lira Turki, indikator pasar negara dan data ekonomi makro, seperti premi risiko, tingkat inflasi dan suku bunga, dalam periode terakhir. Dengan begitu, perekonomian Turki menjadi lebih stabil dibandingkan sebelumnya.

Tindakan  prioritas  pemerintah adalah mencari  solusi dari defisit saat ini dan masalah inflasi yang tinggi. Perlu diketahui bahwa defisit transaksi berjalan Turki turun menjadi 8,6 miliar dolar AS pada April, dibandingkan dengan rekor tertinggi bersejarah 57,9 miliar dolar AS pada Mei 2018.

Bahkan Turki  mencatat surplus saat ini pada bulan  Juni untuk pertama kalinya dalam hampir 17 tahun sejak pemerintahan Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK). Tahun lalu, neraca transaksi berjalan tahunan mencatat defisit sekitar $ 27,6 miliar, meningkat dari hampir $ 47,5 miliar defisit pada 2017. 

Angka tersebut adalah yang terendah sejak 2009, sementara defisit neraca berjalan tahunan tertinggi Turki selama dekade terakhir terlihat pada 2011, dengan $ 74,4 miliar.

Defisit transaksi berjalan sekitar 3,5% dari produk domestik bruto negara itu (PDB). Program ekonomi baru negara itu, yang diumumkan pada bulan September, menargetkan rasio transaksi berjalan-defisit-terhadap-PDB sebesar 3,3% tahun ini, 2,7% pada tahun 2020 dan 2,6% pada tahun 2021.

Menekan Inflasi hingga satu digit

Data inflasi terbaru, mengindikasikan akan mampu turun ke satu digit pada periode mendatang. Tingkat inflasi akhir 2019 akan berada di bawah target 15,9%. Setelah selesainya pilkada serentak di seluruh Turki, secara umum Turki sangat kondusif untuk terus meningkatkan perekonomian.

Penurunan harga makanan memberi efek dasar menurunnnya inflasi pada bulan Juni. Inflasi tahunan meningkat 15,72% tahun ke tahun bulan lalu, penurunan tajam dibandingkan dengan 18,71% pada bulan Mei, menurut Institut Statistik Turki (TurkStat).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2