Pendahuluan
Pandemi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) memiliki arti wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas.Â
Dikutip dari laman web kemendikbud Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas.Â
Pandemi merupakan epidemi yang menyebar hampir di seluruh negara atau benua, biasanya mengenai banyak orang. Contoh penyakit yang menjadi pandemi adalah Coronavirus disease 2019 (Covid-19).
Pandemi COVID-19 yang sedang melanda hampir di seluruh negara dunia saat ini memberikan berbagai macam dan bentuk dampak kepada manusia baik dari individu maupun kelompok.Â
Virus yang pertama kali di deteksi di Cina tepatnya pada kota Wuhan ini telah ditetapkan sebagai wabah global atau dunia yang harus dilawan oleh seluruh masyarakat dunia dalam bentuk mencegah dan mengurangi penyebaranya.
Berkaitan dengan dampak yang ditimbulkan dari munculnya pandemi COVID-19 ini mempengaruhi berbagai lini serta aspek kehidupan masyarakat tidak terkecuali dalam bidang pembelajaran atau pendidikan.Â
Pemerintah Indonesia bahkan menerapkan kebijakan-kebijakan terbaru terkait pencegahan penyebaran virus ini, khususnya dalam bidang pendidikan. Berbagai kebijakan yang dikeluarkan dalam rangka mencegah penyebaran virus membatasi ruang dan menempatkan kegiatan pembelajaran formal dalam bentuk yang baru yaitu pembelajaran daring yang sifatnya dilakukan jarak jauh.Â
Media-media digital digunakan dan dimanfaatkan sebagai media melakukan kegiatan pembelajaran agar dapat memaksimalkan proses belajar mengajar seperti penggunaan aplikasi-aplikasi yang mendukung kegiatan tatap maya dan aplikasi pengiriman pesan berbasis grup.
Selanjutnya dalam artikel ini akan membahas mengenai perubahan dalam kelas karena perubahan kegiatan pembelajaran di sekolah yang menggunakan media daring dalam pembelajaran jarak jauh.Â
Juga akan dibahas mengenai perubahan dari interaksi tatap muka secara langsung di sekolah dalam kegiatan pembelajaran menjadi interaksi jarak jauh dalam kegiatan pembelajaran daring menggunakan perspektif fungsionalis Durkheim.