Mohon tunggu...
Eman Mendrofa
Eman Mendrofa Mohon Tunggu... Guru - Blogger Nias

Ya'ahowu Talifuso, Ya'ahowu Ono Niha. Tulisan yang saya publish disini saya tulis sendiri disela-sela kesibukan menulis di blog pribadi saya emanmendrofa.blogspot.com, www.infonias.id dan oisinunoda.blogspot.com. Semoga teman-teman bisa memperoleh informasi sesuai keyword yang dicari melalui akun kompasiana ini.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

5 Bahasa Nias yang Sering Digunakan dan Terjemahannya

11 Februari 2023   13:08 Diperbarui: 11 Februari 2023   13:10 44832
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa Nias (Koleksi Pribadi)

Bahasa Nias merupakan salah satu jenis bahasa daerah dari sekian banyak bahasa yang ada di Indonesia. Saat ini penuturnya sudah mencapai satu juta lebih yang tersebar diberbagai penjuru daerah di wilayah Nusantara.

Utamanya, bahasa Nias dituturkan oleh suku Nias dan orang-orang yang mendiami pulau Nias.

Pada dasarnya penggunaan bahasa Nias tidak begitu sulit karena cara menyebutkannya sama dengan penulisan kata dan kalimatnya, layaknya Bahasa Indonesia.

Buat anda yang sedang ingin belajar bahasa Nias, belajar berbagai kosa kata dan terjemahannya ke Bahasa Indonesia bisa dilihat melalui ulasan tentang Terjemahan Kosa Kata Bahasa Nias Ke Bahasa Indonesia.

Melalui artikel ini, saya akan membagikan 5 kata dan kalimat bahasa Nias yang sering digunakan setiap hari dan artinya dalam bahasa Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Terima Kasih

Bahasa Nias terima kasih adalah saohagolo (ditulis: saohagölö). Kata ini bisa anda tuturkan ketika hendak mengucapkan terimakasih kepada seseorang yang telah memberikan bantuan, pertolongan, pujian, empati, jasa, aksi sosial dan berbagai kebaikan lainnya. Namun bila orang lain yang mengucapkannya kepada anda maka anda bisa membalasnya dengan kalimat "sama-sama" atau dalam bahasa Niasnya lau saohagölö.

2. Aku Cinta Kamu

Bahasa Nias aku cinta kamu adalah omasido khömö. Kalimat ini sama artinya dengan kalimat "aku sayang kamu".  Anda bisa menuturkan kalimat ini kepada seseorang yang anda cintai. Ucapkanlah dengan tulus kepadanya. 

Kalimat ini bisa dijawab dengan simanö göi ndra'o, omasido si'ai khömö, artinya "saya juga demikian, saya begitu mencintaimu".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun