assalamualikum wr.wb.
hari ini saya akan menjelaskan dan memberi pengetahuan tentang filsafat pendidikan idealismeÂ
pengertian filsafat pendidikan idealisme
filsafat idealisme memiliki pengertian bahwa semua hakikat pada segala sesuatu ada pada tataran ide. Filsafat idealisme ini mengevaluasi alirannya memalui lisan, karena lisan itu merupakan sumber yang dapat mempengaruhi pesrta didik. aliran ini menekankan pada ide-ide manusia, jadi aliran ini bisa terwujud atas pemikiran manusia itu sendiri, metode ini bisa digunakan untuk mengkonstribusi dengan melihat kurikulum yang ada pada sekolah tersebut.
Tokoh aliran filsafat pendidikan idealisme
1. Plato
plato berpendapat kita tidak akan mendapat pengetahuan sejati jika kita melihat segala sesuatau itu dapat berubah, jadi menurut plato kita dapat memperoleh pengetahuan sejati dengan menggunakan akal dan fikiran kita. panca indra tidak bisa dipercaya dalam aliran ini karena setiap orang emmiliki prespektif berbeda-beda.
palto memiliki 2 metode dalam aliran ini
a. metode tingkatan dasar
metode ini biasanya digunakan seseorang untuk bagaimana cara bermain peran, biasanya metode ini digunakan oleh paud, tk dan anak Sd.
b. metode tingatan tinggi
sedangkan metode ini menekankan anak bagaimana dia berfikir kritis dalam memecahkan masalah, jadi anak dituntut bagaimana  untuk problem solving.
filosofi tokoh filsafat pendidikan
1. Al-Ghazali
tokoh ini adalah tokoh islam yang sudah terkemuka dan memiliki karya kitab yang terkenal yang pertama adalah kitab ihya ulumuddin dan kitab tahafutz al-falasifah, dalam kitab tahafutz al-falasifah inilah imam al -ghazali memiliki pemikiran untuk menolak pemikiran filsosof.
2. davide humeÂ
davide hume adalah toko sentral filsafat empirisme yang ada di Eropa dan di inggris tokoh ini adalah tokoh yang membawa aliran empirisme, aliran empirisme adalah aliran yang berpendapat tidak ada atau nihil.
tokoh filsafat pendidikan idelisme
1. Emanuel kant
emnuel kant merupakan tokoh filosof yang berasal dari keluarga sederhana, emanule kant merupakan anak yang rajin dan disiplin tokoh ini merupakan tokoh logika dan metafisika, dia mempelajari geografi fisik. Minat Kant dalam geografi fisik tidak dirangsang oleh pengalamannya menghadapi alam di berbagai belahan dunia tetapi muncul dari penyelidikan filsofis atas pengetahuan empiris.Â
2. hegel
hegel berpendapat bahwa sesuatu yang mutlak adalah roh, lalu menurutnya juga semua yang rasional adalah real dan yang real adalah rasiaonal, maksudnya adalah luas rasio sama degan realitas jadi pengetahuan jadi pegalaman tidak diperoleh dari pengalaman pribadi saja. Jadi implikasi dari tokoh-tokoh ini adalah tentang kebaikan sosial.