Mohon tunggu...
Elvina Rizky Susanti
Elvina Rizky Susanti Mohon Tunggu... Mahasiswa Manajemen Universitas Negeri Malang

Tulungagung, Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

IMAGUM Peduli, Berbagi Menuai Berkah Bersama di Indahnya Ramadhan

17 Mei 2021   17:10 Diperbarui: 17 Mei 2021   17:18 171 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
IMAGUM Peduli, Berbagi Menuai Berkah Bersama di Indahnya Ramadhan
Dokumentasi kegiatan bagi takjil yang dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa Tulungagung Universitas Negeri Malang (IMAGUM), Minggu (02/05/2021) | Dokpri

Elvina Rizky Susanti (Mahasiswa Manajemen Universitas Negeri Malang)

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan selalu ditunggu umat muslim untuk senantiasa meningkatkan ibadah. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa “Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunnah) di bulan itu pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya” (HR. Ibnu Huzaimah). Hal ini memberikan penekanan bahwa umat Islam harus terbiasa menempatkan tangan di atas untuk memberi bantuan kepada orang lain yang pantas menerima, misalnya memberi makan dan bersedekah kepada orang yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadits, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga”. (HR. Tirmidzi). Maka dari itu, umat muslim termotivasi untuk berbuat kebaikan mulai dari awal masuknya bulan Ramadhan sampai akhir selesainya Ramadhan. Makhluk sosial, itulah sebutan bagi manusia. Kalimat tersebut menjelaskan bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Jadi, kita membutuhkan orang lain dan begitupun sebaliknya sehingga manusia saling membutuhkan dan dibutuhkan. Kita sebagai makhluk sosial diwajibkan untuk saling berbagi kepada orang lain, berbagi tidak harus berupa barang tetapi juga bisa ilmu yang kita miliki atau apapun yang kita punya dan tidak dimiliki oleh orang lain.

Di bulan suci Ramadhan tahun ini, Ikatan Mahasiswa Tulungagung Universitas Negeri Malang (IMAGUM) melakukan kegiatan sosial bagi takjil yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2021 dalam rangka memperingati hari ulang tahun IMAGUM ke-4. Selain kegiatan bagi takjil, kumpulan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi daerah tersebut juga mengadakan buka bersama yang dilaksanakan di hari yang sama. Kegiatan bagi takjil dilakukan di sekitar Kabupaten Tulungagung dengan mengambil satu titik keramaian tepatnya di perempatan yang dikenal dengan nama Cabe, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung dengan jumlah 100 bungkus paket takjil untuk diberikan kepada masyarakat umum, pengguna jalan, dan lain sebagainya. Adapun tujuan aksi sosial ini adalah sebagai latihan kepedulian mahasiswa khususnya anggota IMAGUM. Takjil memiliki arti menyegerakan sedangkan al-fithr artinya berbuka. Jadi, makna takjilul fithri artinya menyegerakan berbuka yang berarti bahwa takjil bukanlah hidangan untuk berbuka puasa, melainkan aktivitas menyegerakan untuk membatalkan puasa dengan mengonsumsi sesuatu ketika waktu maghrib telah tiba. Dalam istilah sekarang biasa kita sebut takjil saja yaitu segera membatalkan puasa ketika masuk waktu maghrib dengan mengonsumsi makanan pembuka seperti kue-kue, kurma, minuman saja dan dianggap berbuka puasa jika sudah mengonsumsi makanan berat seperti nasi atau makanan pokok lainnya.

Pembagian takjil di bulan Ramadhan merupakan sebuah bentuk kepedulian sosial yang ditujukan untuk membantu pengguna jalan yang mungkin ada kendala dalam berbuka puasa dan aksi tersebut disambut antusias oleh para pengguna jalan yang saat itu melintas di ruas jalan perempatan Cabe. Selain itu, dengan adanya kegiatan bagi takjil ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan makanan dan minuman untuk keperluan buka puasa terutama bagi pengguna jalan. Kegiatan sosial ini dilakukan rutin setiap tahun dengan tempat yang berbeda. Kesepakatan lokasi biasanya ada dua dengan alasan karena banyak organisasi atau komunitas lain yang dikhawatirkan menempati tempat yang sama, maka dari itu IMAGUM memiliki alternatif tempat lain untuk melaksanakan aksi sosial tahunan tersebut. Namun, kegiatan ini berbeda dari tahun sebelumnya karena acara bagi takjil tahun ini bersamaan dengan hari ulang tahun IMAGUM ke-4 sehingga ada beberapa rangkaian acara sesuai rundown yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana yang dimulai pukul 15.00 sampai dengan pukul 20.00. Adapun urutan acaranya yaitu yang pertama perayaan hari ulang tahun IMAGUM meliputi potong tumpeng, sambutan, dan lain-lain. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bagi takjil serta buka bersama anggota IMAGUM. Menurut ajaran umat Islam, hikmah dari berbagi takjil untuk berbuka puasa diyakini akan mendatangkan pahala yang sangat besar dan dengan berbagi, setiap individu dapat meningkatkan rasa peduli dan empati terhadap keadaan orang-orang di sekitar yang kurang beruntung.

VIDEO PILIHAN