Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Pekerja sekaligus blogger

Ngopi disela tiupan angin. Pekerja yang senang melihat dan menganalisa trend data.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Alpukat dalam Pusaran Industri Pertanian dan Konflik Dunia

24 April 2021   11:42 Diperbarui: 28 April 2021   20:51 896 24 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alpukat dalam Pusaran Industri Pertanian dan Konflik Dunia
Alpukat (Sumber: shutterstock.com)

Siapa yang tak kenal alpukat

Alpukat (Persea americana) yang dalam buku-buku teks pelajaran sekolah kita disebut berasal dari Amerika Latin. 

Konon Nama latin alpukat tadi, Persea americana artinya adalah amerika tengah. Tetapi kata "alpukat" konon berasal dari kata "ahuacati" bahasa Aztec yang artinya testis. Kalau liat buah ini ketika baru saja mentil, memang mirip sih. 

Saya kebetulan kenal buah alpukat sejak kecil. Saya suka alpukat sebab rasa buahnya lembut. Tanpa tambahan apapun sudah enak. 

Ada sedikit rasa manis dan asin samar yang muncul ketika saya makan buahnya. Itu sebabnya saya lebih suka makan buah ini begitu saja, belah dua, buang bijinya, sendoki lalu masuk mulut (ups, lupa sedang puasa)

Buah ini cukup populer di Indonesia. Kamu pasti suka alpukat juga kan? Tapi, sepopuler apapun buah alpukat di Indonesia, sepertinya popularitasnya kalah dengan buah lain seperti pepaya, mangga, pisang, jambu yang disebut dalam sebuah lagu zaman saya bocah dulu

Meski Indonesia termasuk negara besar penghasil alpukat, alpukat belum dianggap komoditi yang menjanjikan di Indonesia. 

Jika kita di Indonesia menyebut vanili sebagai emas hijau, tidak dengan dunia luar sana. Bukan vanili yang diakui sebagai emas hijau, tapi alpukat. 

Avocado's the Green Gold in the world. Ya, alpukat, sebagaimana tanaman ini berasal, diproduksi secara besar-besaran di Amerika Latin, seperti Meksiko, Peru, Chile dsb.

Popularitas Alpukat Si Buah Super Food Sehat Bernutrisi

Alpukat pun begitu disukai dan pupuler di dunia sebagai salah satu buah sehat yang masuk dalam hampir semua menu makanan dunia. Dari menu junk food dan street food, seperti jenis hamburger, sandwich, taco, sampai healthy food pada aneka salad, juice dan pure avocado

Ya, meski alpukat tinggi kandungan lemaknya, tapi lemak pada buah ini adalah memiliki asam lemak tak jenuh yang menurut hasil penelitian banyak pihak lemak yang baik bagi kesehatan. Alpukat dianggap sebagai super food bernutrisi murah yang banyak digemari di Amerika dan Eropa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN