Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Menapak Tilas Jejak Ken Arok di Gunung Mujur

15 Januari 2020   05:14 Diperbarui: 23 Januari 2020   21:24 2760
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangga menuju situs makam Gunung Mujur. Foto dokpri

Seperti janji saya, tidak lengkap rasanya jika hanya menyusuri jejak Ken Dedes. Sementara ada Ken Arok yang namanya tidak bisa dipisahkan dari nama Ken Dedes.

Dalam cerpen saya yang berjudul: Purnama Cinta di Langit Tumapel, saya sempat menceritakan kembali ambisius seorang pemuda bernama Arok yang ingin mengubah nasibnya. Pada akhirnya, karena kegigihan dan kepiawaiannya mengambil hati Ken Dedes, pemuda itu berhasil menguasai Tumapel. Bahkan ia merupakan pendiri dan menjadi Raja pertama di Kerajaan Singasari.

Awalnya---jujur, yang ingin saya cari adalah petilasan Ken Umang. Rasa penasaran terhadap sosok yang dianggap sebagai orang ketiga dalam kehidupan Ken Arok dan Ken Dedes ini sempat membuat saya tidak bisa tidur.

Di mana kira-kira makam atau petilasan perempuan itu?

Sayangnya hingga saat ini saya belum berhasil menemukannya.

Jika kemudian saya mendapat titik terang tentang keberadaan Gunung Mujur yang dipercaya sebagai tempat pertemuan rahasia antara Ken Arok dan Ken Umang, sungguh, cukuplah itu menjadi penghiburan bagi saya.

Perjalanan Seru Menuju Gunung Mujur
Untuk bisa mencapai lokasi Gunung Mujur, saya mengawali perjalanan dari UB Forest, hutan yang terletak di daerah Karang Ploso Malang. Bersama sahabat saya, Mbak Rini, kami berangkat pada suatu hari, Minggu sekitar pukul 8 pagi dengan mengendarai motor.

Sekadar informasi, UB Forest adalah hutan yang dikelola oleh Fakultas Perhutani Universitas Brawijaya Malang. Selayaknya sebuah hutan, pemandangan alam sekitarnya sangat indah dan asri. Sesekali kami berhenti untuk mengambil gambar.

a53b0d8a-06b9-4c06-bf2b-7654a31ca40a-5e1de5e3d541df0a284c16f2.jpg
a53b0d8a-06b9-4c06-bf2b-7654a31ca40a-5e1de5e3d541df0a284c16f2.jpg
Setelah UB Forest terlewati, sampailah kami di Desa Karangan, sebuah desa persinggahan terakhir sebelum mencapai Gunung Mujur.

Tersebab belum pernah berkunjung ke sana, jurus malu bertanya sesat di jalan kami terapkan. Dan alhasil, informasi yang kami dapatkan---tidak sesuai dengan kenyataan!

Dari keterangan Bapak Jayadi, seorang mandor Perhutani yang kami temui di perbatasan Desa Karangan, bahwa untuk sampai ke Gunung Mujur jarak tempuh hanya sekitar 1 km. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun