Idris Salam
Idris Salam Tenaga Pendidik

Guru|Belajar mengembangkan literasi dan menyalurkan hobi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara-cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

17 Maret 2018   12:31 Diperbarui: 17 Maret 2018   14:59 503 7 1
Cara-cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat
Sumber: www.wivrit.com

Mata tergolong sebagai panca indra, mata sebagai indra pengelihatan dan juga merupakan salah satu indra yang paling serba guna. Dan mata juga memiliki reseptor khusus untuk mengenali perubahan sinar dan warna. Jika mata kita bekerja dengan sempurna, kita dapat melihat berbagai jenis benda yang ada di sekitar kita pada jarak dekat, jarak jauh, jarak sangat jauh, bahkan jarak antara dua benda yang saling berlawanan.

Mata memerlukan cahaya untuk melihat. Cahaya yang dipantulkan oleh benda yang masuk ke mata melalui kornea dan diteruskan oleh lensa melalui pupil. Banyak sedikitnya cahaya yang masuk bergantung pada besar kecilnya pupil dan diatur oleh iris. Pupil membesar jika gelap dan mengecil jika terang. Cahaya yang diteruskan oleh pupil menembus lensa mata. Lensa mencembung atau memipih membiasakab berkas cahaya dan memfokuskannya du retina.

Rangsang yang berupa cahaya diterima oleh sel indra dan diteruskan oleh urat syaraf yang terdapat di selaput jala, menuju urat syaraf mata kemudian dilanjutkan kepusat penglihatan di otak sehingga bayangan atau benda yang dilihat.

Jika lensa mata dalam keadaan normal maka mata kita dapat berakomodasi untuk membentuk bayangan obyek yang jatuh tepat pada bintik kuning, keadaan ini disebut mata kita masih normal. Sementara itu, jika cahaya yang diterima mata tidak jatuh tepat pada bintik kuning berartu terjadi gangguan atau ada kelainan pada mata.

Mata adalah salah satu indra terpenting bagi manusia, sebab indra pengelihatan ini memilki kelebihan diantaranya kita bisa melihat segalanya melalu mata. Selain itu kita harus pandai menjaga dan merawat mata agar mata kita sehat. jika kita menjaga kesehatan mata, maka kita terhidar dari berbagai macam penyakit yang menyebabkan mata kita tidak sehat.

Mata juga merupakan indra yang oaling istinewa yang diberikan Tuhan untuk kita. Daru sorot matanya dapat mencerminkan fisik pemiliknya lewat mata, seseorang tidak akan bisa menyembunyikan perasaan sedih atau gembira. Dengan mata pula seseorang dapat maju dan berkembang. Oleh karena itu, kita perlu merawat mata agar selalu terjaga kesehatannya. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan lakukan agar mata kita selalu terjaga kesehatannya.

A. Melakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta istirahat yang cukup.

B. Jika kita beraktifitas di luar ruangan sebaiknya melindungi mata dengan menggunakan kaca mata. Kaca mata berfungsi melindungi mata dari sinar matahari, debu dan lainnya.

C. Hindari menggosok-gosok mata secara kasar ataupun berlebihan, karena dapat menyebabkan mata menjadi merah dan bengkak.

D. jika kita menonton televisi sebaiknya jarak antar mata dan televisi tidak terlalu dekat.

E. Dalam membaca buku sebaiknya dalam keadaan penerangan yang cukup pada saat membaca.

F. Mencuci mata secara rutin dengan menggunakan air bersih, kemudian usap perlahan-lahan dengan menggunakan handuk bersih untuk mengeringkannya.

G. Membiasakan mengedipkan mata untuk mencegah mata terlalu tegang.

H. Jika sedikit mengalami gangguan pada mata, gunakan obat tetes atau salep mata yang menggunakan resep dokter.

I. Hindari penggunaan rias mata saat mata sedang sakit. Gunakan krim untuk menghilangkan dan menghapuskan lingkaran hitam di sekeliling mata.

J. Pada sekitar mata perlu diolesi pelembab mata agar kelihatan bercahaya. Hal ini juga merupakan cara yang baik untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan.

K. Mengistirahatkan mata setiap beberapa jam sekali saat bekerja.

Itulah cara-cara agar mata kita tetap sehat. Karena seperti pepatah "mencegah itu lebih baik dari pada mengobati". Sebab mencegah salah satu cara yang mudah untuk dilakukunan dan tidak membutuhkan biaya dari pada kita mengobati.

Karena jika sudah mengobati, tentunya membutuhkan biaya untuk menyembuhkannya. jika mata kita sudah terkena penyakit biayanya pun lumayan besar bahkan jika tidak bisa teratasi akan kehilangan penglihatan untuk selama-lamanya. Bagaimana apakah masih malas untuk menjaga mata kita?