Mohon tunggu...
Muhammad EksaAjikusuma
Muhammad EksaAjikusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mendengarkan musik, Membuat desain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kolaborasi dan Strategi Brand Lokal Asal Bandung, Visval

19 Juli 2022   13:25 Diperbarui: 19 Juli 2022   13:29 803
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Brand lokal asal Bandung dengan nama Visval berdiri sejak tahun 2014, Visval merupakan salah satu produsen tas kenamaan dari Indonesia. Meskipun sebenarnya tak hanya menjual tas saja, namun ciri khas dari brand Visval memang dari produk tasnya. Tak hanya itu, produk tasnya juga merupakan produk yang paling laris manis dicari para konsumennya. 

Visval saat ini sedang melakukan kampanye yang berkolaborasi dengan "Cerita Roti" dan DSMBB yaitu melakukan perjalanan menggunakan sepeda bersama-sama. Hal ini merupakan hal yang menarik menurut saya, karena brand Visval ini melibatkan banyak orang untuk bergabung dalam kampanye mereka.

Logo Visval

Sumber : Google

Kampanye pemasaran adalah kegiatan pemasaran strategis yang ditujukan untuk mempromosikan bisnis atau tujuan tertentu atas nama perusahaan, merek, atau individu. Kampanye pemasaran dirancang untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan berbagai cara, antara lain: Melalui TV, iklan cetak, media sosial dan pemasaran email.

Seperti yang diketahui strategi kreatif sangat dibutuhkan oleh sebuah brand untuk berinovasi dan membuat brand nya menjadi berkembang. Visval memiliki beberapa strategi kreatif yang sangat unik sehingga customer dapat melirik brand ini.

Visval mempromosikan produknya melalui iklan Instagram story dan iklan Instagram feeds yang biasa muncul di feed Instagram. Saat brand lokal ini diiklankan, menurut saya cukup lengkap, karena calon konsumen yang melihatnya tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Brand lokal visval benar-benar sangat memanfaatkan social media saat ini salah satunya Instagram. Instagram dapat menjadi wadah yang efektif untuk melakukan promosi atau mengiklankan produk secara online serta memungkinkan sebuah brand untuk berkomunikasi langsung dengan para konsumennya, sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah brand. Contohnya adalah Admin dari brand visval ini membuat story Instagram menggunakan fitur question and answer, dimana customer dapat bertanya tentang produk-produk pada brand Visval ini dan dapat dijawab langsung oleh adminnya.

Feeds Instagram Visval

Sumber : Instagram

Kemudian, postingan feeds pada Instagram Visval sendiri menurut saya cukup eye catching, tidak berantakan, dan aesthetic. Jika brand Visval ini  memiliki feeds Instagram yang rapi maka dapat membangun kepercayaan bagi calon pembeli. Saat pembeli melihat kerapihan feeds Instagram Visval, mereka pun secara tidak langsung akan yakin dengan kualitas produknya. Brand visval ini tidak hanya mengeluarkan product seperti tas saja. Mereka mengeluarkan beberapa product diantaranya crewneck, sandal, topi, bahkan lanyard pun ada. Bahan-bahan yang digunakannya pun sangat berkualitas, warna-warna bahan yang dipilih untuk membuat produk-produknya pun sangat bagus, fun, dan netral sehingga dapat digunakan oleh Wanita ataupun pria.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun