Mohon tunggu...
Ekriyani
Ekriyani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pembelajar di universitas kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dogmit yang Dirindukan

5 Juli 2018   12:55 Diperbarui: 5 Juli 2018   13:54 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebelumnya kalau melihat dari  judul tulisan di atas, mungkin terkesan romantis dan berlebihan. Namun Insya Allah apa yang saya tulis ini murni berdasarkan apa yang saya rasakan dan hanya sebagai tempat mencurahkan segenap pikiran dan perasaan saja. Baiklah, saya akan sedikit bercerita tentang awal mulanya kenapa saya ikut kegiatan DOGMIT Indonesia, lagi, dan Insya Allah terus selama Dogmit masih ada, selama saya diberi kesehatan oleh Allah SWT.

Bermula pada upaya searching di internet untuk mencari bahan ajar bertype PPT, dikarenakan memang saat itu saya lagi sangat memerlukan bahan ajar matematika pada materi Kesebangunan yang bertype PPT. Beberapa blog dan website telah saya kunjungi, dan memang saya berhasil mendapatkan bahan ajar seperti yang saya inginkan. Namun mata saya tiba-tiba tertegun manakala melihat tulisan Diklat Online Guru Melek IT. 

Kontan saja saya terperanjat. Memang ada toh pelatihan  secara online khususnya untuk guru yang belajar IT?. Ya Allah...kok saya selama ini tidak tahu ya?. Segera saya baca lagi isi dari website itu, dan benar telah dan akan diadakan lagi kegiatan diklat online khusus guru yang belajar IT. 

Pantesan saya lihat hasil postingan guru-guru di internet itu pada keren dan canggih. Mungkin ada beberapa, bahkan diantara mereka sudah pernah ikut kegiatan DOGMIT Indonesia. Saya jadi kagum dan salut dengan kemampuan presentasi dan kemampuan IT yang mereka miliki.

Tidak lama setelah itu, saya coba lagi mencari info-info tentang DOGMIT Indonesia, ada beberapa testimoni dari para guru yang sudah pernah ikut kegiatan DOGMIT Indonesia. Satu persatu saya baca dengan seksama , dan luar biasa apa yang mereka ungkapkan itu saya yakin lahir dari hati nurani mereka sendiri, bukan atas sebuah dorongan keterpaksaan. Hal itu semakin mendorong keinginan saya. 

Saya menyadari bahwa selama ini saya hanyalah guru yang sangat biasa-biasa saja, tanpa mau berusaha untuk belajar meng update diri lagi, khususnya tentang IT. Wah, kalau ditanya, siapa guru yang tidak bisa IT?, niscaya mungkin saya orang yang pertama mengacungkan tangan, hehe ... (sadar diri pada memori kelabu). Jangankan bikin sebuah presentasi, mengetik lewat laptop saja saat itu saya merasa kagok dan takut jika sedikit salah maka laptop akan rusak. 

Terus belum lagi ada kawan yang sedikit jail, dia menakut-nakuti saya, jika sering buka internet dan salah klik maka virus masuk akan merusak laptop. Kontan saja, saya yang baru pertama kali beli laptop baru menjadi merasa was-was ketika ingin membuka internet.

Sejak saya membaca postingan Pak Sukani, dan guru-guru yang sudah pernah ikut DOGMIT Indonesia, saya pun mencoba memberanikan diri untuk menghubungi Pak Sukani melalui WA. Pertama kali ingin chat dengan beliau, saya urungkan. Tidak beraninya bukan karena takut Pak Sukani galak, hehe...setelah tau aslinya beliau orang yang baik hati dan ramah. Kemudian yang kedua kalinya pun ingin chat dengan beliau, saya masih ragu. 

Aduuuhhh ini kenapa yaa.... Akhirnya dengan mengucapkan Bismillah ... apapun yang terjadi, saya memberanikan diri menchat beliau untuk mendaftar DOGMIT angkatan 15, waktu itu kalau tidak salah ingat tinggal 2 hari lagi dimulai kegiatan DOGMIT angkatan 15 materinya tentang Menilai Perilaku Siswa Dengan 1 Jari (Classdojo).

Alhamdulillah, lega rasanya saya bisa mendaftar dan ikut Dogmit angkatan 15, walaupun awalnya saya masih merasa gugup. Namun setelah berjalan beberapa hari, sedikit demi sedikit pun saya sudah mulai bisa menyesuaikan diri dan tetap semangat untuk mengikuti kegiatan DOGMIT. Bagi saya, adalah suatu kesyukuran tersendiri dapat ikut kegiatan DOGMIT Indonesia ini. Betapa tidak, ada begitu banyak ilmu ter update yang saya dapatkan, khususnya dibidang IT. Software-software yang diberikan DOGMIT Indonesia pun saya rasa bukan software sembarangan, namun sebuah software yang bertuah, bergengsi, dan jelas bukan software gratisan.

Sejak itu saya semakin termotivasi untuk ikut lagi pada kegiatan DOGMIT berikutnya. Alhamdulillah sudah beberapa kali saya ikuti kegiatan DOGMIT Indonesia yang membawa pada perubahan besar dalam diri saya pribadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun