Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Penulis - Menulis itu Hidup
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pantang mundur seperti Ikan

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Belik Kali Akhir

31 Oktober 2020   01:50 Diperbarui: 31 Oktober 2020   02:12 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto dokumen pribadi belik kali akhir

Air

Sumber kehidupan. Sumber peradaban. Mengalir dari celah rimbunnya bambu. Disana menyimpan kisah. Tentang hidup. Sejak awal mula.

Kala dimulainya nafas sebuah dusun. Mengaliri hamparan padi. Yang tumbuh subur di tlatahmu. Memberi harapan untuk terus hidup. Dalam belik kali akhir

Saat pagi menjelang. Semua datang. Untuk bersuci diri. Untuk menanak nasi. Untuk meminum segarnya aliran sumbermu.

Saat petang. Berbondong datang. Untuk mencurahkan hati. Tentang hari ini.

Lestarikan belikmu. Dari sana ikan ikan akan jadi jayanya kampungmu. Syukurlah apa yang jadi anugerahmu. Karena kamu masih ada. Menjadi sumber. Menjadi inspirasi.

Belik kali akhir. Kamu adalah sumber mata air. Kamu telah mengawal kampung agar tetap hidup. Hingga hari ini. Hingga berlanjut ke masa depan. Kali akhir bukanlah akhir. Dia adalah awal. Untuk terus mengalir. 

Selalu air mengalir. Itulah selilir. Namamu abadi, selalu bangkit untuk terus mengalir. Bersama ikan ikan. Bersama guyubnya wargamu berjuang. Agar hidup terus hidup. Seperti air mengalir, yang tak pernah berakhir.

Ditulis oleh Eko Irawan di tlatah bumi slilir, 31 Oktober 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun