Mohon tunggu...
Eko N Thomas Marbun
Eko N Thomas Marbun Mohon Tunggu... Penulis suka-suka

Penulis suka-suka. Lahir di Tanah Toba, merantau ke Jogja lalu stuck di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tombo Ati, Tembang Legendaris Sang Wali

22 April 2021   23:19 Diperbarui: 23 April 2021   00:15 283 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tombo Ati, Tembang Legendaris Sang Wali
sumber: historyofcirebon.id

Kita pernah begitu dekat dengan lagu yang dipopulerkan oleh Opick (Aunur Rofiq Lil Firdaus ) berjudul Tombo Ati. Lagu ini dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan "Obat Hati atau Penyembuh Jiwa". Lagu ini pernah diputar hampir diseluruh stasiun televisi di Bulan Ramadhan sebelum digantikan lagu berlirik Arab yang eksis baru-baru ini. 

Bagi kalangan milenial, Tombo Ati mungkin kalah populer dibandingkan dengan lagu-lagu Sabyan Gambus dan Maher Zain. Namun, mungkin karena tidak kenal maka tidak sayang. Oleh karena itu, perlu untuk sedikit kita bahas tentang lagu ini.

Tombo Ati adalah tembang Jawa. Tembang legendaris yang diciptakan oleh sang wali, Sunan Bonang. Sunan Bonang diperkirakan dilahirkan sekitar tahun 1465, dengan nama Raden Maulana Makdum Ibrahim. Dia adalah putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila. Bonang adalah sebuah desa di kabupaten Rembang, tempat dimana Sang Wali memusatkan dakwahnya. 

Sunan Bonang sendiri adalah salah satu dari sembilan wali (wali sanga) yang menyiarkan Islam di Pulau Jawa pada awal-awal persebaran Islam di Indonesia. Dalam mengajarkan Islam ke masyarakat, Sunan Bonang menggunakan alat-alat kesenian. Dia dikenal sebagai Wali yang pandai melakonkan wayang, kepandaiannya itu membuat beliau dikenal sebagai dalang wayang yang masyur. 

Syiar yang menyatu dengan rakyat itu pulalah yang membuat Islam mudah diterima masyarakat pada saat itu. Syiar yang dilakukan dengan memasukkan tafsir-tafsir khas Islam (nilai-nilai Islam) dalam karya kesenian seperti dalam tembang dan lakon-lakon wayang.  

Salah satu karya monumentalnya yang masih dikenal sampai saat ini adalah sebuah tembang berjudul "Tombo Ati". Tembang adalah lirik/sajak yang mempunyai irama nada atau bahasa Indonesia biasa disebut sebagai lagu. Sulit melacak kapan persis tembang Tombo Ati digubah Sunan Bonang.

Tembang Tombo Ati sendiri dalam bahasa Indonesia bermakna Penyembuh Jiwa atau Obat Hati. Tembang ini kira-kira ingin menyampaikan bahwa siapa yang ingin jiwanya tenang maka dia dapat melakukan 5 hal. 5 hal itu dapat kita baca syair tembangnya.

Dalam Bahasa Jawa

Tombo ati iku limo perkarane
Kaping pisan, moco Qur'an lan maknane
Kaping pindo, sholat wengi lakonono
Kaping telu, wong kang sholeh kumpulono
Kaping papat, kudu weteng ingkang luwe
Kaping limo, dzikir wengi ingkang suwe

Salah sawijine sopo biso ngelakoni
Mugi-mugi Gusti Allah nyembadani

Dalam Bahasa Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x