Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
SDN Kebonwaris I Pandaan
Lingkup Pendidikan
Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Hasil belajar IPA Pada kelas IV
KD. 3.6 memahami sifat -- sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Penulis
Eka Wahyuningtyas,S.Pd
Tanggal
1 September 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar Belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
- Siswa bicara sendiri dengan teman sebangku sehingga tidak paham tentang penjelasan guru
- Siswa pasif ketika guru memberikan pertanyaan dan terlihat tidak tertarik dengan materi yang disampaikan guru
- Siswa mengantuk saat penjelasan materi
Dari ketiga Hal diatas dapat disimpulkan bahwa selama ini siswa merasa kesulitan memahami materi tentang sifat -- sifat bunyi dan keterkaitannya dengan Indera pendengaran.sehingga menyebabkan hasil belajar ang diperoleh siswa menjadi rendah
               Â
Hal ini menurut saya  penting dibagikan karena saya rasa banyak rekan guru yang mengalami permasalahan  seperti yang saya alami.sehingga praktik baik ini mampu memotivasi diri saya pribadi dan juga saya harapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru yang lain agar bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Saya sebagai seorang pendidik merasa memiliki tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunanakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga dapat mencapai  tujuan pembelajaran yang berakibat pada hasil belajar siswa akan meningkat. Â
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Dari  analisis terhadap hasil kajian literatur dan hasil wawancara, Dapat diketahui bahwa penyebab masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami sifat -- sifat bunyi adalah :
1.kurangnya kreatifitas guru dalam merancang pembelajaran
2. kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru
 Dari beberapa penyebab diatas  tantangan yang dihadapi oleh guru adalah :
1.guru harus kreatif dalam merancang pembelajaran melalui pemilihan metode,model dan penggunaan media yang sesuai dengan materi
2.memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan materi dan tujuan yang ingin di capai
Tentunya banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan ini yang memberikan saran dan masukan demi perbaikan antara lain
Pengawas sekolah sebagai nara sumber
kepala sekolah dan rekan sejawat sebagi nara sumber dan juga siswa yang terlibat langsung dalam kegiatan ini
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah -- langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yangg di hadapi antara lain:
1.Pemilihan model Pembelajaran
  a.Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakter siswa dan karakter materi
maka guru menggunakan model PBL
  b. Proses pemilihan model ini yaitu guru mempelajari  apa saja macam model pembelajaran,kemudian memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan awal siswa serta kebiasaan siswa.kemudian,melihat karakteristik materi dengan mempelajari pada buku siswa dan buku guru
adapun langkah -- langkah dalam kegiatan PBL adalah:
  a.Orientasi pesera didik pada masalah
  b. mengorganisasikan pesrta didik untuk belajar
  c. membimbing penyelidikan individu  maupun kelompok
  d. menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
 c.Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini anatara lain pemahaman atau kompetensi guru tentang model pembelajaran PBL serta pemahaman guru akan mtaeri pembelajaran
2.Pemilihan media
  a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memanfaatkan benda disekitar siswa
  b.Poses pembuatan media ini dimulai dari menyiapkan alat peraga kemudian siswa melakukan praktik sesuai petunjuk di LKPD
  c. Sumber daya yang diperlukan untuk melakukan egiatan ini adalah:meja siswa,karet gelang,tutup bulpen dan penggaris plastik,buku siswa dan buku guru.
Dalam kegiatan ini guru tentunya memerlukan bantuan beberapa orang yang membantu antara lain pengawas sebagai nara sumber,kepala sekolah,sejawat dan pakar juga memberikan beberapa saran dan masukan yang dapat digunakan untuk perbaiakan dalam kegiatan ini.
Siswa juga memiliki peran yang sama pening karena mereka terlibat secara langsug dalam kegiatan pembelajaran
Dan yang juga memiliki peran sama penting adalah teman yang membantu untuk mendokumentasikan kegiatann yang tengah dilaksanakan.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari kegiatan yang saya lakukan adalah memiliki hasil yang cukup efektif karena nilai yang diperoleh siswa rata -- rata berada diatas KKM dan hanya sebagian kecil siswa nilainya berada di bawah KKM
respon dari siswa cukup baik karena anak anak lebih antusias belajar tentang materi yang saya sampaikan yang akhirnya hasil belajar mereka mengalami peningkatan
Faktor yang menjadi keberhasilan dalam pembelajaran kali ini adalah karena pemilihan metode yang sesuai dengan materi yang disampaikan yaitu model PBL.
model PBL ini membuat anak - anak belajar lebih aktif karena model PBL ini berpusat pada siswa dan melatih siswa untuk berpikir kritis dan juga karena adanya media yang berbasis IT yang membuat anak -- anak lebih tertarik untuk belajar.sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar mereka yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat.
dan tentunya keberhasilan ini tidak lepas dari penguasaan guru terhadap media pembelajaran,metode,model dan dan langkah - langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat.
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang telah dilakukan oleh guru maka sebaiknya guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode dan media pembelajaran agar bisa tercapai tujuan pembelajaran yang kita harapakan.
Â