Mohon tunggu...
Eka Mira Novita Subroto
Eka Mira Novita Subroto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang #Sistem Informasi #SI2023

Manusia penyuka tulisan, makanan, dan pemandangan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bagaimana Mengukur Keberhasilan Akuisisi Sistem Informasi?

26 November 2023   18:40 Diperbarui: 26 November 2023   18:49 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi mengukur keberhasilan akuisisi sistem informasi (Sumber: pexels.com/Visual Tag Mx)

Pernahkah kamu mendengar istilah "akuisisi sistem informasi" ? Apa sih itu? Apakah akuisisi sistem informasi itu penting untuk perusahaan? Akuisisi sistem informasi itu adalah proses pembelian, pengembangan, atau implementasi sistem informasi baru. Proses ini bisa jadi rumit dan memakan waktu, makanya penting banget untuk mengukur keberhasilannya.

Akuisisi Sistem informasi penting untuk sebuah perusaan lho! Jadi jika kamu memiliki perusahaan yang sedang dikembangkan coba lihat apakah akuisisi sistem informasinya sudah tepat?

Kenapa penting mengukur keberhasilan akuisisi sistem informasi?

Ada beberapa alasan kenapa penting mengukur keberhasilan akuisisi sistem informasi, terutama pada suatu perusahaan di antaranya:

  • Untuk memastikan bahwa sistem informasi tersebut memenuhi tujuannya.
  • Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis.
  • Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Untuk meningkatkan keunggulan kompetitif.

Nah dari alasan di atas bukankah akuisisi sistem informasi itu penting. Hal tersebut karena berhubungan dengan proses bisnis dan kelangsungan hidup perusahaan dalam pasar global yang kompetitif sekarang ini.

Apa saja indikator keberhasilan akuisisi sistem informasi?

Ada beberapa indikator yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan akuisisi sistem informasi, di antaranya:

  • Kinerja sistem informasi: Indikator ini mengukur seberapa baik sistem informasi tersebut memenuhi kebutuhan perusahaan. Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja sistem informasi antara lain:
    • Keandalan: Apakah sistem informasi tersebut dapat diandalkan untuk digunakan?
    • Performa: Seberapa cepat dan efisien sistem informasi tersebut dapat melakukan tugasnya?
    • Keamanan: Seberapa aman data dan informasi yang tersimpan dalam sistem informasi tersebut?
  • Kepuasan pengguna: Indikator ini mengukur seberapa puas pengguna dengan sistem informasi tersebut. Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna antara lain:
    • Kemudahan penggunaan: Seberapa mudah sistem informasi tersebut digunakan?
    • Kesesuaian dengan kebutuhan: Seberapa sesuai sistem informasi tersebut dengan kebutuhan pengguna?
    • Nilai tambah: Seberapa besar nilai tambah yang diberikan sistem informasi tersebut bagi pengguna?
  • Biaya: Indikator ini mengukur berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk akuisisi sistem informasi tersebut. Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur biaya antara lain:
    • Biaya investasi: Biaya yang dikeluarkan untuk membeli, mengembangkan, atau mengimplementasikan sistem informasi tersebut.
    • Biaya operasional: Biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan sistem informasi tersebut.
  • Dampak: Indikator ini mengukur dampak yang ditimbulkan oleh akuisisi sistem informasi tersebut terhadap perusahaan. Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur dampak antara lain:
    • Peningkatan efisiensi dan produktivitas: Apakah akuisisi sistem informasi tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan?
    • Peningkatan kepuasan pelanggan: Apakah akuisisi sistem informasi tersebut dapat meningkatkan kepuasan pelanggan?
    • Peningkatan keunggulan kompetitif: Apakah akuisisi sistem informasi tersebut dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan?

Bagaimana cara mengukur keberhasilan akuisisi sistem informasi?

Nah setelah tau apa saja indikator keberhasilan dari akuisisi sistem informasi, lalu yang  tak kalah penting caranya seperti apa. Untuk mengukur keberhasilan akuisisi sistem informasi, perusahaan dapat menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa metode yang dapat digunakan antara lain:

  • Kuesioner: Metode ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari pengguna sistem informasi.
  • Wawancara: Metode ini menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data dari pengguna sistem informasi.
  • Analisis data: Metode ini menggunakan analisis data untuk mengumpulkan data dari sistem informasi.
  • Kombinasi metode: Metode ini menggunakan kombinasi dari beberapa metode untuk mengumpulkan data.

Jadi, jika perusahaanmu belum melakukan pengukuran akuisisi sistem informasi segeralah lakukan dengan cara seperti si atas. Mengukur keberhasilan akuisisi sistem informasi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan mengukur keberhasilan akuisisi sistem informasi, perusahaan dapat memastikan bahwa sistem informasi tersebut memenuhi tujuannya dan memberikan manfaat bagi perusahaan.

Sumber Gambar: pexels.com/Visual Tag Mx

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun