Mohon tunggu...
Eis Nina Marlina
Eis Nina Marlina Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMA N 1 OKU

saya pribadi yang suka menulis dan belajar, kenal saya akan banyak tertawa....

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

5 Desember 2022   19:23 Diperbarui: 5 Desember 2022   19:27 12627
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kawan, hari ini saya harapkan kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, aamiin

Pada kesempatan kali ini saya akan  menuangkan aksi nyata saya pada pembelajaran MODUl 1.3 Visi Guru Penggerak.

Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.

Pada modul 1.3 ini, para Calon Guru Penggerak mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.

Latar Belakang


Terilhami tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yang dapat diartikan  bahwa Pendidikan sejatinya adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk dapat bersosialisasi dalam masyarakat di era globalisasi abad 21 ini tanpa meninggalkan kultur budaya pada lingkungan sendiri.

Latar Belakang Aksi Nyata

Melalui pendekatan Inquiry Apresiatif, saya mencoba mmerumuskan visi Guru Penggerak dan mencoba untuk mengejawantahkan visi tersebut melalui Prakarsa perubahan diri.

Visi:

Mewujudkan Murid yang berkualitas memiliki daya saing tinggi dengan menguatkan profil pelajar Pancasila.

Aksi Nyata

Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.

Prakarsa Perubahan Diri

Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan kaarakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid di SMA N 1 OKU

Aksi Nyata

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kawan, hari ini saya harapkan kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, aamiin

Pada kesempatan kali ini saya akan  menuangkan aksi nyata saya pada pembelajaran MODUl 1.3 Visi Guru Penggerak.

Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.

Pada modul 1.3 ini, para Calon Guru Penggerak mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.

Latar Belakang

Terilhami tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yang dapat diartikan  bahwa Pendidikan sejatinya adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk dapat bersosialisasi dalam masyarakat di era globalisasi abad 21 ini tanpa meninggalkan kultur budaya pada lingkungan sendiri.

Latar Belakang Aksi Nyata

Melalui pendekatan Inquiry Apresiatif, saya mencoba mmerumuskan visi Guru Penggerak dan mencoba untuk mengejawantahkan visi tersebut melalui Prakarsa perubahan diri.

Visi:

Mewujudkan Murid yang berkualitas memiliki daya saing tinggi dengan menguatkan profil pelajar Pancasila.

Aksi Nyata

Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.

Prakarsa Perubahan Diri

Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan kaarakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid di SMA N 1 OKU

Aksi Nyata

1. Pengenalan Profil Pelajar Pancasila kepada guru-guru dan siswa. Dokpri
1. Pengenalan Profil Pelajar Pancasila kepada guru-guru dan siswa. Dokpri

2. Pembiasaan Disiplin Positif (Hadir tepat waktu, budaya antre, 5S,m mengaji dan literasi jam ke 0; pojok baca, pohon literasi dan kesepakatan kelas)

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

3. Pemberian motivasi dan semangat untuk menumbuhkan motivasi intrinsic

    Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk menumbuhkan kecintaan dan motivasi belajar

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

4. . Menumbuhkan karakter mandiri dan gotong-royong melalui kerja kelompok, diskusi, tugas kelompok.

Dokpri
Dokpri

5. Menumbuhkan karakter mandiri dan percaya diri melalui kegiatan presentasi dan seluruh siswa diberi kesempatan untuk tampil.

Dokpri
Dokpri

Refleksi:

Pada tahap refleksi, saya menuliskan pada jurnal refleksi mengenai pengalaman, perasaan, dan pembelajaran apa yang saya dapatkan dalam kegiatan aksi nyata. Saya juga membuat Tindak lanjut apa yang akan saya perbaiki dan perlu saya tingkatkan dari aksi nyata yang sudah saya lakukan.

Cukup sekian, semoga dapat menginspirasi, wassalamualaikum wr.wb

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun