Mohon tunggu...
Egy Setya Ramadhan
Egy Setya Ramadhan Mohon Tunggu... Lainnya - E G Y

Tugas Kuliah Menulis di Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sambut HUT 33 Tahun, LPDS Gelar Webinar Media dan Disabilitas

27 Juli 2021   13:27 Diperbarui: 27 Juli 2021   14:06 30 0 0 Mohon Tunggu...

Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menggelar Webinar bertema 'Media dan Disabilitas' dalam rangka menyambut HUT LPDS ke 33, Jumat, 23 Juli 2021. Webinar ini turut menggundang Mentri Sosial Tri Rismaharini serta Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh.

Menyikapi webinar ini, Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat menyampaikan pesan dari Kementrian Sosial, kami mengajak masyarakat untuk menghilangkan stigma negatif dan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas ditengah masyarakat. 

"Pengguna aktif sosial media di Indonesia sekitar 160 juta. Namun menurut data, pengguna  disabilitas aktif bersosial media hanya 8,5% dan non disabilitas 40%. Upaya mengatasi ketimpangan tersebut, perlu dilakukan strategi digitalisasi dan perluasan media massa bagi penyandang disabilitas," ujar Harry dalam zoom meeting.

Harry melanjutkan, diharapkan juga upaya penyadaran secara luas di masyarakat, agar penyandang disabilitas semakin sadar terhadap teknologi dan komunikasi.

Menurut sensus tahun 2015, jumlah penduduk berkebutuhan khusus mencapai 21.4 juta orang, tahun 2020 jumlahnya naik sekitar 22.5 juta orang. Media dituntut mempromosikan serta menumbuhkan kesadaran empati publik, terkait pentingnya memberikan pertolongan dan memenuhi hak-hak masyarkat berkebutuhan khusus.

"Pers memungkinkan yang tidak tidak mungkin, diharapkan LPDS terus mencari celah dari air mata kesedihan menjadi air mata kebahagiaan. Karena saya yakin ada prestasi yang bisa digali dari penyandang disabilitas itu," kata Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh.

"Tugas kita adalah mencari kekuatan dalam diri penyandang disabilitas, bukan mencari kelemahannya. Suatu kesuksesan adalah hak setiap orang, tugas kita hanya menghantarkan mereka ke depan pintu gerbagn kesuksesan," Tutup Mohammad Nuh.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN