Mohon tunggu...
Egy Giana
Egy Giana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Happy Wife and Mom \^.^/

Writer Freelancer || IG : egy_giana || Twitter : @egygiana || Fb : Egy Giana ||

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tips Ringan untuk Menghadapi Anak yang Aktif

28 Mei 2022   13:43 Diperbarui: 28 Mei 2022   13:52 124 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Mana nih suaranya mama muda??! Hihi Kali ini mimin mau berbagi pengalaman ya soal dunia parenting yang sering banget ditemui & dihadapi oleh mamud :)

Kalian pernah gak sih moms, ngalamin anak yg lagi aktif-aktifnya? Gak diem banget pokoknya, makan juga susah, maunya main & berantakin rumah :( Kalau mimin sih bisa sampe sakit badan nih moms ngadepinnya atau malah pernah sampai emosi tingkat kecamatan eh tingkat tinggi loh hehe :))

Nah, mimin punya beberapa tips nih untuk mommies & buah hati yang mudah-mudahan bisa membantu ya :

1. Sabar & "Biarkan".
Tips yang pertama ini memang agak sulit ya moms karna mimin tau betul rasanya menghadapi anak yang sedang aktif. 

Tapi, mommies bisa mencobanya pelan-pelan ya untuk memasang set sabar & membiarkan anak untuk bermain dulu, biarkan mata mommies melihat rumah yang berantakan supaya nanti sesekali mommies bisa sambil mengajarkan ke anak untuk membereskan mainannya, dan biarkan semuanya sesuai keinginan anak. 

Jangan lupa untuk sambil ditemani & diawasi juga ya moms agar anak tidak menyentuh barang-barang yang berbahaya seperti benda tajam, stop kontak dll.

Kalau anak sudah bosan bermain di dalam rumah, boleh kok sesekali mommies ajak bermain keluar rumah. Temani dia mengeksplor hal-hal baru yang tidak dia dapatkan di dalam rumah, seperti naik sepeda sambil melihat pohon, burung, kupu-kupu, kucing & hewan lainnya. Jadi, anak juga bisa belajar banyak hal sambil dia bermain :)

 2. Tetap semangat & berfikir positif.
Mommies suka bingung gak sih, ketika anak yang aktif tapi susah banget makan? Jangan khawatir moms, karna ada masanya kok anak mau makan :)

Biarkan anak yang sedang aktif mengeksplor dirinya sendiri dengan dunianya. Mommies juga harus tetap semangat untuk membuat macam-macam Mpasi & menyusui. Kalau mommies males bikin Mpasi, boleh kok sesekali beli makanan siap saji yang penting tetap memperhatikan gizinya ya.

Jangan terpengaruh oleh omongan oranglain yang seperti ini "Kok anaknya gak makan sih? Ih anaknya kok lembek banget sih, gak suka makan ya? Kok gak kaya anaknya si 'A' sih badannya gede tuh!" JANGAN! Jangan dimasukin ke hati apalagi jadi beban pikiran ya moms. Inget, akan ada waktunya anak mau makan. Kalau anak gak mau makan ya gak usah dipaksa. Selama anak mau ngemil atau minum susu & geraknya aktif, gak apa-apa kok :)

Mungkin juga suka ada yang nanya, "Kenapa sih anakku gak diem banget? Padahal anaknya si 'A' anaknya anteng loh dari bayi". Tenang moms, gapapa. Tetaplah berfikir positif ya, karna semua anak itu akan tumbuh berbeda-beda sesuai dengan kemampuan ibunya kok :) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan