Mohon tunggu...
EGO ANDHIKAZAPUTRA
EGO ANDHIKAZAPUTRA Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jadilah orang baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Makna Sumpah Pemuda di Era Globalisasi

11 Juni 2021   23:29 Diperbarui: 11 Juni 2021   23:45 16 1 0 Mohon Tunggu...

Sumpah pemuda,sumpah pemuda yang asal mulanya yang diucapkan oleh pemuda pemudi indonesia pada 28 oktober tahun 1928,Isi nya pun tak main-main  pemuda pemudi pada saat itu telah mencurahkan segenap jiwa dan raga demi tercapainya cita-cita berdirinya negara indonesia.
           Bunyi sumpah pemuda yang tercantum dalam prasasti dalam museum sumpah pemuda menggunakan ejaan van ophysen adalah sebagai berikut:

"pertama
Kami poetra poetri indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe,tanah indonesia

"kedoea:
Kami poetra poetri indonesia ,mengakoe bangsa jang satoe,bangsa indonesia

"ketiga:
Kami poetra poetri indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean,bahasa indonesia."

Lalu apa makna sebenarnya makna dari sumpah pemuda di rea globalisasi ini?.
Diera globalisai ini,seharusnya kitamengerti apa yang harus dilakukan dan dikorbankan demi terciptanya tujuan bangsa.miris rasanya melihat sebagian aset bangsa malah terlibat dalam lingkaran hitam dunia yang kelam. Bahkan mereka tidak memperdulikan bagaimana bangsa ini kedepanya
           Kalimat "mengakoe berbangsa satoe" mungkin saat ini sudah tidak lagi termaksud saat ini. Jika kita mengaku berbangsa satu,tak mungkin ada perdebatan yang berujung perkelahian sampa terjadi tawuran dan tak mungkin terjadi demo yang menimbulkan kekacauan dan kerusakan fasilitas umum atau milik negara.
          Dengan adanya globalisasi membuat budaya asing masuk "sesukanya"ke indonesia tanpa pengawasan yang benar,buktinya sekarang pemuda --pemudi di indonesia lebih menerima budaya asing di bandingkan budaya dari indonesia sendiri.
Maka dari itu ,marilah kita sebagai pemuda-pemudi indonesia berjuang sebagai pelurus bangsa yang kini sudah semakin berbelok arah dari tujuan awal ya itu "sumpah pemuda",mencotohkan apa yang seharusnya dilakukan untuk negara kita agar indonesia tetap bersatu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x