Mohon tunggu...
Egga Olivia
Egga Olivia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

I'ampelgading Homeland, Destinasi Wisata Alam "Hits" di Bandungan

14 Desember 2017   00:24 Diperbarui: 14 Januari 2018   19:57 18790 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Hai sobat traveler, masih semangat beraktivitas 'kan? Oo ya by the way, suka ndak sih dengan kartun Doraemon? Jika kalian penggemar kartun tersebut, tentunya tidak asing lagi dengan bukit belakang sekolah Nobita yang seringkali dijadikan tempat bermain Nobita dan teman-temannya bukan? 

Sewaktu kecil, sejak terinspirasi dengan kartun Doraemon, saya ingin sekali bisa merasakan nyamannya berada di atas bukit memandangi pemandangan dari ketinggian tapi mustahil karena saya tidak tinggal di wilayah dataran tinggi.

Harapan yang hanya mampu saya simpan dalam hati itu ternyata saat ini benar-benar bisa saya wujudkan. Belum lama, pada tanggal 6-7 Desember 2017, saya bersama teman-teman guru di SMPN 2 Bandungan Satu Atap ditugasi mendampingi kegiatan pelantikan Dewan Kerja Penggalang (DKP) pramuka di tempat kami. 

Tradisi kegiatan pelantikan pramuka di tempat kami seringkali berada di luar sekolah. Anak-anak diajak berjalan menyusuri jalan berliku menuju tempat pelantikan. Nah, kali ini tempat pelantikan yang digunakan adalah objek wisata terbaru yang belum lama telah diresmikan oleh Bupati Semarang di Kecamatan Bandungan yaitu I'ampelgading Homeland (baca: ai - em - pelgading homlen). Keren ya namanya?

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Objek wisata I'ampelgading Homeland terletak di Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Di kawasan berketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sekitar 35 km dari kota Ambarawa. Bagi yang sudah pernah mengunjungi Candi Gedong Songo, objek wisata tersebut masih satu jalur. Rute perjalanananya, dari Pasar Bandungan, sobat traveler terus saja menyusuri jalan Pangeran Diponegoro. 

Sumber: dokumen pribadi
Sumber: dokumen pribadi
Sekitar 200 meter sampai di pos ojek depan kantor Polsek Bandungan, sobat traveler belok kanan terus mengikuti jalan tersebut hingga sampai di sebuah sekolah dasar. Mulai dari situ sudah banyak petunjuk jalan yang bisa sobat traveler  ikuti hingga menuju objek wisata tersebut.

Sumber: dokumen pribadi
Sumber: dokumen pribadi
Objek wisata tersebut dikelola oleh karang taruna desa sekitar beserta warga masyarakat. Karena objek wisata ini tergolong masih baru, maka jalur yang dilewati pun masih belum begitu mulus. Lebar jalan yang bisa dilewati hanya sekitar 3 meter.

Di beberapa bagian bahkan masih berupa susunan bebatuan. Meski demikian, di sepanjang jalan menuju objek wisata tersebut kita sudah mulai bisa mengintip indahnya Rawa pening dan Kota Ambarawa dari ketinggian. Di sepanjang jalan kita bisa menikmati hijaunya ladang pertanian warga. Pokoknya adem dan sejuk banget. Cocok banget buat yang pengen ngadem dari rutinitas yang membosankan.

Sumber: dokumen pribadi
Sumber: dokumen pribadi
Sesampainya di lokasi, sobat traveler bakal dibuat takjub dengan pemandangan yang luarrrrr biasa indah. Di sana kita bisa berdiam diri menikmati indahnya Rawapening, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Andong dengan berdiri di atas gardu pandang. 

Sobat traveler juga bisa berswafoto sepuasnya dengan background bertuliskan I'ampelgading Homeland tepat di lereng Gunung Ungaran. Selain itu, masih banyak spot foto indah yang bisa diambil dari berbagai sisi. Pokoknya ndak ada bosannya berada di atas sana.

So buat sobat traveler yang penasaran berkunjung ke I'ampelgading Homeland, berikut tips sebelum melakukan perjalanan ke sana.

  • Sebaiknya sobat traveler mengendarai sepeda motor jika berniat melakukan perjalanan ke sana, sebab jalur menuju objek tersebut hanya seluas 3 meter saja dan harus berbagi dengan kendaraan yang lain.
  • Pastikan sobat traveler datang pada saat cuaca cerah agar pemandangan yang bisa disaksikan dari atas makin top markotop dan sip markusip.
  • Tak ada salahnya jaga-jaga membawa bekal dari rumah karena masih sedikit pedagang yang berjualan di sana.
  • Jangan lupa bawa kamera ya untuk mengabadikan moment istimewa di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan