Mohon tunggu...
Efrem Siregar
Efrem Siregar Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis dari balik tembok

Bahasa dan Sastra Prancis | Peminat topik internasional Twitter: @efremsiregar

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Kenapa F1 GP Monaco Menjadi Populer? Ini Alasannya

23 Mei 2021   03:19 Diperbarui: 23 Mei 2021   05:50 1022 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenapa F1 GP Monaco Menjadi Populer? Ini Alasannya
Pebalap Red Bull, Max Verstappen, memacu mobilnya pada sesi free practice GP Monaco pada 20 Mei 2021. (Foto: AFP/VALERY HACHE via KOMPAS.COM)

Formula 1 identik dengan kecepatan dan merek mobil ternama dunia. Tim dan pembalap bersaing merebutkan posisi di podium dalam tiap series.

Ketika lintasan balap Formula 1 bergeser ke Monaco, pertanyaan berubah. Ini bukan tentang siapa yang tercepat di lintasan.

GP Monaco berbeda dari series lainnya dan memiliki suguhan menarik yang secara khusus memberikan nilai tambah bagi Formula 1.

Keterampilan pembalap diuji

Di GP Monaco, kecepatan bukan segalanya karena lintasannya yang berbahaya. Pembalap diuji untuk mengendalikan mobil di atas ruas jalan raya yang sempit.

Karakter jalan menurun, tikungan tajam di beberapa titik dengan pembatas jalan baja di samping kiri dan kanan. GP Monaco mendefinisikan balapan jalan raya yang sesungguhnya.

Mantan juara dunia F1 Nelson Piquet mengatakan balapan di GP Monaco seperti bersepeda di dalam rumah. Dengan tingginya tantangan terhadap pengemudi, maka kemenangan di GP Monaco bernilai dua kali lipat dari series lainnya.

Paling tidak, pembalap harus memastikan kendaraannya tidak terjun ke laut mediterania di pinggir lintasan.

Lewis Hamilton saat sesi latihan bebas di GP Monaco. (Foto: Jiri Krenek/Mercedes-AMGF1)
Lewis Hamilton saat sesi latihan bebas di GP Monaco. (Foto: Jiri Krenek/Mercedes-AMGF1)

Pemandangan indah kota Monte Carlo

GP Monaco sudah ada sejak 1929. Balapan ini bisa dibilang satu-satunya series dengan penampilan lanskap perkotaan yang memesona. Penonton layar kaca seperti diajak liburan visual.

Keindahan laut mediterania, tikungan hairpin, kapal pesiar, istana kerajaan dan suasana dalam kota Monte Carlo akan memanjakan mata. Sementara penduduk setempat dapat menyaksikan balapan dari apartemen atau teras rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN