Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Jurnalis - Nasionalis

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Menanti Peradaban Perkeretaapian Trans Sulawesi Terealisasi

6 Oktober 2022   15:00 Diperbarui: 8 Oktober 2022   18:58 898 17 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wajah proyek rel kereta api trans Sulawesi yang rencananya akan rampung Oktober 2022. Sumber: Dokmuentasi Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan

Terakhir saya menggunakan moda transportasi kereta api di Pulau Jawa pada bulan Juni 2022, saat perjalanan dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Bandara Internasional Kulonprogo. Perjalanan menggunakan kereta api selama 45 menit tersebut tentu saja cepat, nyaman dan murah.

Tentu selama perjalanan dihadapkan dengan pemandangan alam Jogyakarta menuju Kulonprogro yang indah mempesona. Baru pertamakali melintasi rute tersebut dengan kereta api, tentu saya manfaatkan dengan menikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan, sembari mendokumentasikan momen bersejarah tersebut.

Dalam kereta api, saya sempat membayangkan seandainya saja moda transportasi yang sama, sudah bisa beroperasi untuk lintas Sulawesi, maka masyarakat di Pulau Sulawesi akan bisa merasakan moda transportasi yang sudah lebih dulu ada di Pulau Jawa dan Sumatera tersebut.

Pembangunan kereta api tahap I Trans Sulawesi jalur Makassar-Parepare rampung bulan Oktober 2022. Doc Instagram Ditjen Perkeretaapian
Pembangunan kereta api tahap I Trans Sulawesi jalur Makassar-Parepare rampung bulan Oktober 2022. Doc Instagram Ditjen Perkeretaapian

Bahkan di ibukota Jakarta, masyarakat sudah bisa menikmati kereta api bawah tanah atau atau Mass Rapid Transit
(MRT). Saya sendiri sudah beberapa kali menjajal fasilitas MRT jika berkesempatan berkunjung ke ibukota.

Oh ya salah satu pengalaman tidak terlupakan adalah saat ketinggalan kereta api dari Bandung menuju Jakarta akibat terjebak macet tahun 2016 lalu. Saat itu saya bersama dua kawan satu dari Riau dan satu dari Manado, terpaksa harus membeli tiket baru lagi di stasiun, agar bisa menuju ke Jakarta.

Kembali ke Pulau Sulawesi, sarana transportasi lintas Provinsi termasuk ke Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah tersedia. Baik menggunakan transportasi udara yakni maskapai penerbangan, transportasi laut menggunakan kapal laut  serta transportasi darat menggunakan armada bus.

Desain pembangunan kereta api Trans Sulawesi. Doc indonesia baik.id
Desain pembangunan kereta api Trans Sulawesi. Doc indonesia baik.id

Namun satu yang belum tersedia untuk transportasi lintas Sulawesi yakni kereta api. Benar saat ini sudah terbangun jalur kereta api di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni jalur Makassar-Parepare sepanjang 144 kilometer. Namun keberadaan kereta api tersebut terus dikebut pengerjaannya agar segera rampung.

Jika tidak ada aral melintang, pembangunan jalur kereta api Makasar-Parepare tersebut rampung pada bulan Oktober 2022 ini. Kepastian tersebut disampaikan Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulsel, Andi Amanna Gappa sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan