Memang tidak salah jika mengatakan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Sebulan menjalani ibadah Puasa merupakan hal yang membahagiakan. Datangnya Ramadan disambut penuh kegembiraan dalam keluarga, baik orang tua maupun anak-anak.
Yang pasti, semuanya menyambut dengan suka cita baik saat berbuka puasa bersama (bukber), salat tarawih, sahur, dan banyak hal lainnya.
Di luar itu, khususnya bagi penikmat kuliner biasanya selalu mendapat beragam penawaran promosi yang menguntungkan. Ajakan berbuka puasa atau makan bareng keluarga demi merawat tali silaturahmi adalah upaya yang dilakukan pelaku usaha kuliner agar dapat menarik perhatian pelanggan sebanyak mungkin.
Tidak terkecuali di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), momentum Ramadan dimanfaatkan betul pengusaha restoran guna dulang cuan.
Lorita Resto salah satunya, dua hari sebelum memasuki Ramadan 1446 H yang jatuh pada Sabtu 1 Maret 2025, telah meluncurkan program "Marhaban Ya Ramadhan" yang berlaku mulai 26 Februari hingga 28 Maret 2025.
Program yang dimaksud owner Lorita Resto, Ricky Chandra saat ditemui di Lower Ground Pintu Utara Lippo Plaza, Jalan El Tari, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Selasa 25 Februari 2025, adalah setiap transaksi belanja makan-minum (mamin) dengan transaksi tertentu dalam satu struk akan mendapat voucher belanja Hypermart gratis dengan nilai tertentu pula.
"Selama Ramadan tahun ini (2025), pelanggan yang bertransaksi makan-minum minimal Rp 200.000 akan memperoleh voucher belanja Hypermat sebesar Rp 25.000. Sementara, untuk yang berbelanja minimal Rp 300.000 akan mendapat voucher senilai Rp 50.000," papar ayah dua orang anak ini.
Ricky menambahkan, program yang diluncurkan pihaknya kali ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dengan pelanggan loyal. Selain itu, juga bertujuan mendongkrak penjualan kuliner pihaknya selama Ramadan.
"Apalagi, nantinya pelanggan yang memperoleh voucher juga dapat membelanjakannya di Hypermart," ungkapnya.
Ketika ditanyakan mengapa memilih Ramadan sebagai kesempatan meluncurkan promosi seperti ini, Ricky tidak menafikan jika momentum "Bulan Suci" merupakan upaya yang tepat untuk menggalang konsumen atau pelanggan baru.
"Apa yang kami lakukan ini (promosi saat Ramadan) sebetulnya sudah merupakan kegiatan rutin. Sejak keberadaan Lorita Resto di tahun 2015, kegiatan promosi rutin kami lakukan pada saat Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri," jelas Ricky.
Sebenarnya, imbuh pria yang juga Head Chef di Lorita Resto, tidak hanya Ramadan dan Idul Fitri namun juga pada momen Natal dan Tahun Baru.
Ricky memang tidak menargetkan berapa impact (hasil) yang akan diraih, tetapi lebih mengutamakan kemeriahan selama Ramadan dan "brand image" terhadap restorannya.
"Cuan (keuntungan) penting namun kami lebih mengutamakan konsistensi penjualan," bebernya.
Konsistensi penjualan yang dimaksud Ricky tidak lepas dari loyalitas pelanggan yang rutin mengunjungi restorannya.
"Jadi promosi-promosi seperti ini, hanya trigger (pemicu) agar pelanggan 'happy' karena ada reward (hadiah) yang mereka peroleh seperti voucher, diskon, dan lain sebagainya sebagai gimmic yang menyenangkan," ujarnya.
Tentu saja, sebut Ricky, hal tersebut tidak terlepas dari konsistensi cita rasa yang mumpuni (kelezatan) dari menu makanan yang disajikan.
Sementara itu, selebgram Kota Kupang Titania Menno yang ditemui di kesempatan yang sama seusai mempromosikan beberapa menu di Lorita Resto seperti Chicken Wings Saus Korean, Mie Goreng Kering, dan Nasi Ayam Goreng Mentega, mengatakan dalam momentum Ramadan seperti ini ia masif mendapat panggilan untuk meng-endorse (mempromosikan) menu-menu dari berbagai restoran dan kafe.
"Lazim ya dalam bulan Puasa (Ramadan) kita (endorser) mendapat panggilan untuk mempromosikan produk paket Ramadan yang marak diluncurkan pengusaha kuliner, baik restoran maupun kafe. Bahkan, penjaja street food (pushcart) pun juga biasa meng-DM (mengundang via direct massage) para selebgram," kata wanita yang disapa Tita ini.
Ragam Pilihan Menu Paket Ramadan di Waroenk Group
Selain Lorita Resto, Waroenk Group yang juga menjadi salah satu resto pelopor hidangan kategori premium namun berharga terjangkau, tidak ketinggalan meluncurkan promosi Ramadan.
Ditemui sebelumnya di Jalan Veteran 18, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Senin 24 Februari 2025, General Manager Waroenk Group Abdul Rochim yang juga membawahi resto afiliasi Waroenk Seafood and Oriental Cuisine, mengatakan pihaknya juga meluncurkan hidangan Paket Ramadan yang dapat disantap bersama keluarga maupun kolega.
"Jadi kalau mau berbuka puasa bersama (bukber) tidak usah bingung karena di sini (Waroenk Seafood and Oriental Cuisine), ada paket bukber dalam berapa kategori pilihan," imbuhnya.
Rochim menguraikan, ada tiga kategori pilihan paket yang bisa dipilih pelanggan. Pertama, "Paket Wahid" untuk empat-lima orang yang dibanderol Rp 250.000.
"Paket Wahid ini berisi Nasi Goreng Tiga Rasa, Tumis Sayur Lima Warna, Ayam Goreng Cabe Bawang, Kakap Filet dan Cumi," jelasnya.
Sementara, untuk paket kedua yaitu "Paket Itsnaani" untuk tujuh hingga 10 orang yang dibanderol Rp 400.000 berisi Nasi Goreng Tiga rasa, Mie Goreng Telur (tiga porsi), Ayam Goreng Cabe Bawang, Baby Buncis Goreng Telur Asin, Ayam Goreng Koloke, Tumis Sayur Lima Warna, Kakap Filet dan Cumi.
"Adapun paket ketiga yaitu 'Paket Tsalasa' terdiri dari empat item Rp 100.000, berisi minuman es buah yang dapat dipilih di antaranya Es Shanghai, Es Manado, Es Brenebon, Es Longan Sajlu, Es Buah Fantasy, Es Cendol Kacang Merah, Es Cendol Durian, dan Es Cendol Alpukat," urai Rochim.
Ketika ditanyakan berapa target omset yang dipatok manajemen serta kalkulasi penjualan yang bakal diperoleh pihaknya, Rochim tidak menjawabnya secara spesik. Konsultan kuliner di BNJ Project Surabaya ini hanya mengatakan kalau bisa sebanyak mungkin.
"Ya, tak dapat kami pungkiri bila momen Ramadan adalah kesempatan para pelaku usaha kuliner untuk mendulang untung, tetapi yang terpenting dapat menyediakan mereka hidangan bukber yang representatif. Ini (Ramadan) kan bulan penuh berkah dan (penuh) pahala, jadi semuanya harus selaras (baik)," katanya.
Rochim menegaskan, setiap Ramadan Waroenk Group selalu menyediakan takjil gratis.
"Semua afiliasi resto maupun kafe kami, baik di Waroenk Oebufu, Capital Cafe, Royal Cafe, dan di Waroenk Seafood (and Oriental Cuisine) menyediakan takjil bagi pelanggan yang bukber selama Ramadan," tutupnya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI