Mohon tunggu...
Effendy Wongso
Effendy Wongso Mohon Tunggu... Penulis - Jurnalis, Wartawan Madya Kompetensi Dewan Pers, fotografer, pecinta sastra

Jurnalis, Wartawan Madya Kompetensi Dewan Pers, fotografer, pecinta sastra

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Diklaim dari Trah Dinasti Han, Ini Keistimewaan Kuliner Asia Szechuan Soup

23 September 2022   12:18 Diperbarui: 24 September 2022   22:57 184 29 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sup Szechuan Seafood. / Foto: Effendy Wongso

Kelezatan beragam kuliner dari Asia memang tidak dapat disangkali lagi. Menu-menu dari Asia yang kerap disebut "oriental food" merupakan salah satu jenis masakan yang paling disukai di dunia.

Seiring perkembangan zaman, saat kuliner Barat yang lebih dikenal sebagai "continental food" atau makanan kontinental yang berkembang pesat dari negara-negara di Eropa ke berbagai belahan wilayah dunia, secara parsial belum mampu mereduksi kegemaran penikmat kuliner mencicipi makanan oriental.

Bahkan, saat ini kepopuleran masakan oriental telah merambah Eropa dan Amerika Serikat (AS) sendiri yang notabene tempat lahirnya menu-menu kontinental.

Sejatinya, jika ditelusuri lebih mendetail hal itu tentu tidak salah. Alasannya, menu-menu oriental kaya berkat kontribusi penggunaan rempah-rempah dan bumbu-bumbu tradisional beraroma khas lainnya.

Salah satu masakan oriental yang sudah tidak asing bagi penikmat kuliner adalah Szechuan Soup yang dalam implementasinya terdiri dari berbagai isian seperti daging ayam, seafood, dan bahan lainnya.

"Sup bercita rasa asam pedas dengan aneka isian baik seafood maupun daging ayam ini sudah digemari warga Kota Kupang, terutama diaspora Tionghoa yang sudah bermukim turun-temurun di NTT," jelas Head Chef Waroenk Group Ahmad Niko ketika ditemui beberapa waktu lalu di Waroenk Seafood, Jalan Veteran 18, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Niko, makanan yang berakar dari entitas Tiongkok tersebut yang diluncurkan bersamaan pembukaan resto pihaknya di awal 2019 lalu, tidak dapat dipisahkan dari "trah" kuliner Asia.

"Ya, ini karena apapun isinya baik berbahan seafood, daging sapi maupun ayam, jika menyebut 'Szechuan' maka penikmat kuliner sejati yang sering traveling dan mencicipi makanan khas daerah yang disinggahinya, pasti tahu sup ini merupakan salah satu menu oriental terpopuler dunia," imbuhnya.

Niko menambahkan, kepopuleran Szechuan Soup dapat dimaklumi lantaran peracikannya yang mudah dengan bahan-bahan yang tidak sulit diperoleh.

"Bahan-bahannya sederhana, mudah diperoleh sehingga mendorong pelaku usaha kuliner terutama yang bergerak dalam oriental cuisine banyak bikin menu ini sebagai makanan andalan mereka," bebernya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan