Mohon tunggu...
Efa Butar butar
Efa Butar butar Mohon Tunggu... Content Writer

Teknologi Pangan | Content Writer | 0896-5747-1513 | efab22@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Minuman Mangga yang Viral serta Resep yang Tak Lagi Rahasia

2 Januari 2018   22:30 Diperbarui: 3 Januari 2018   18:28 0 7 5 Mohon Tunggu...
Minuman Mangga yang Viral serta Resep yang Tak Lagi Rahasia
Dokumentasi Pribadi

Sebelum menutup tahun 2017, Jakarta kembali disuguhkan dengan sajian yang menggelitik lidah. Bukan kue ala-ala artis tentunya, ini hanya minuman berbahan baku buah mangga yang dibungkus dengan kemasan apik pun nama ciamik. Dari yang hanya "Jus Mangga" berubah jadi "King Mango Thai".

Di Teknologi Pangan ini  yang disebut inovasi penyajian. Jika jus mangga hanya dibanderol Rp 5.000 saja dan dijual di pinggir jalan raya, produk dengan bahan baku yang sama, tampilan yang kurang lebih sama dibanderol dengan harga yang luar biasa. Bisa 10 kali lipat dari harga jus mangga di jalanan.

Jangan tanya apa saja yang didapat oleh konsumen. Lokasi kongkow yang nyaman full AC, tersedia musik, berada di tengah keramaian, kemasan yang berukuran cukup besar serta transparan menampilkan seluruh wajah minuman hingga sangat cocok untuk didokumentasi terlebih dahulu lalu masuk menghiasi lini masa Instagram. 

Belum lagi bentuk sedotan yang imut, sendok yang lucu menggemaskan serta tak ketinggalan embel-embel Thai di sana. Lalu, bagaimana tentang satu cup minuman ini Rp 50.000? Tidak masalah. Worth it lah, Konsumen menang banyak dari penyajian dan tampilan.

Lalu dari segi rasa?

Sebelumnya, mari kita cari tahu bagaimana proses produksi minuman ini.

Berada di salah satu mal terbesar di kota Depok, saya yang penasaran dengan minuman ini tergoda untuk mencoba. Bagaimana sih rasanya? Kok yo ngantrinya sampai nutupin jalan segala? Seenak itukah? Oke! Saya putuskan untuk mencoba.

Dalam antrean, saya melihat sebuah pintu terbuka, dan dari sana keluar salah seorang pekerja dengan membawa ember berisi potongan mangga berbentuk kubus yang berukuran cukup besar, ada kemungkinan ruangan tersebut adalah ruangan yang digunakan untuk mengupas dan mencacah daging mangga sesuai ukuran yang telah ditetapkan perusahaan. 

Ember berisi potongan mangga tersebut diberikan pada seorang pekerja yang bertugas khusus untuk urusan blender memblender mangga hingga berbentuk jus.

Di sisi kanan petugas blender, seorang wanita dengan tampilan yang menurut saya cukup rapi, berhijab, mengenakan masker dan sarung tangan dengan cekatan melepaskan satu demi satu cup agar petugas blender bisa mengisinya dengan leluasa. Dan kerjaan bisa bergerak cepat.

Di sisi kanan wanita penyiap cup tersebut, ada seorang wanita yang siap untuk menuangkan cream ke dalam jus mangga yang telah dituangkan. Lalu proses berikutnya, jus mangga ditransfer ke bagian depan (menghadap customer) yang berdekatan dengan kasir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x