Mohon tunggu...
Edwin
Edwin Mohon Tunggu... Guru - Guru SD Bina Mulia

Meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang bersifat produktif

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices untuk PPG Dalam Jabatan

4 Desember 2022   12:48 Diperbarui: 11 Desember 2022   11:34 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practices) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SD Bina Mulia Pontianak

Lingkup Pendidikan

Pendidikan Dasar (Guru Kelas SD)

Tujuan yang ingin dicapai

  • Meningkatkan semangat belajar peserta didik
  • Meningkatkan kemampuan membaca peserta didik
  • Meningkatkan pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif
  • Meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik

Penulis

Edwin, S.S.T., S.Pd.

Tanggal

2 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah sebagai berikut:

  • Peserta didik kurang bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Kemampuan membaca dan berhitung dasar masih rendah.
  • Guru kurang memanfaatkan model-model pembelajaran inovatif.
  • Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik masih rendah.
  • Pemanfaatan TIK dan LMS Moodle belum maksimal.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru mengalami permasalahan yang seperti saya alami sehingga praktik baik ini diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri. Selain itu diharapkan juga bisa menjadi referensi bagi sesama guru lain di Indonesia.

Sebagai guru, kita mempunyai tanggung jawab untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, efisien dalam alokasi waktu pembelajaran, serta inovatif sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, guru juga harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Guru harus mampu mengaplikasikan hal tersebut ke dalam kegiatan pembelajaran berbasis TIK yang menarik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan untuk mencapai tujuan tersebut sebagai berikut:

  • Masih ada peserta didik yang kurang fokus dalam menyimak penjelasan.
  • Masih ada peserta didik yang kurang aktif dan serius dalam kegiatan diskusi kelompok.
  • Masih ada kelompok belajar yang tidak menyelesaikan LKPD sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
  • Guru belum maksimal dalam menyiapkan perangkat pembelajaran.

Guru dan peserta didik merupakan pihak yang terlibat langsung dalam tantangan ini. Dilihat dari tantangan tersebut bahwa hal-hal tersebut berkaitan dengan sisi kompetensi guru yang harus ditingkatkan yaitu dalam bidang pedagogik maupun profesional. Dari sisi peserta didik adalah semangat belajar, keaktifan, dan keseriusan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran harus ditingkatkan lagi.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut sebagai berikut:

  • Pada peserta didik yang kurang fokus dalam menyimak penjelasan, saya melakukan ice-breaking untuk mengembalikan fokus peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran.
  • Pada peserta didik yang kurang aktif dan serius dalam kegiatan diskusi kelompok, saya melakukan pendampingan dan bimbingan pada kelompok tersebut. Saya mengingatkan kembali tanggung jawab dari setiap anggota kelompok.
  • Pada kelompok belajar yang tidak menyelesaikan LKPD sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, saya membimbing kembali peserta didik agar dapat membagi tugas yang harus dikerjakan sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas kelompok dengan tepat waktu.
  • Guru belum maksimal dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. Saran yang dapat saya berikan adalah pertama renungkan kembali mengapa ingin menjadi seorang guru, apakah ingin menjadi seorang guru yang biasa atau guru profesional. Setelah itu jika sudah didapat motivasi dari dalam diri sendiri yang kuat, ikutilah pelatihan berbagai pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif, pembuatan media pembelajaran berbasis TIK. Lakukan hal tersebut secara teratur, niscaya akan menjadi praktik baik untuk guru sendiri.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak aksi dari langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut:

  • Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional yang selama ini sering saya gunakan. Hal tersebut terlihat dari keaktifan dan keseriusan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
  • Dampak dari penggunaan media pembelajaran berbasis TIK yang diimplementasikan dalam bentuk gambar dan video pembelajaran, kuis blooket, evaluasi melalui LMS Moodle membuat peserta didik lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan strategi tersebut respon dari lingkungan sekitar sebagai berikut:

  • Dari peserta didik merasa senang dan antusias dalam kegiatan pembelajaran karena mereka terlibat langsung dan berpusat pada mereka sendiri.
  • Suasana kelas juga lebih teratur dan terarah dengan baik sehingga penyampaian materi berlangsung dengan efektif dan efisien.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap model pembelajaran inovatif, media pembelajaran, dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat guru.

Pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan yang sudah dilakukan tentunya dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan mengembangkan model-model pembelajaran, serta membuat media pembelajaran yang menarik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Link untuk mendownload format best practices
https://drive.google.com/file/d/1qBAB6BBN7il5jUUeXz4EvSCEXc_4wi1q/view?usp=share_link

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun