Mohon tunggu...
Eduardus Fromotius Lebe
Eduardus Fromotius Lebe Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Konsultan Skripsi

Menulis itu mengadministrasikan pikiran secara sistematis, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pembelajaran Diferensiasi, Potret Keunikan Siswa dan Kualitas Guru

25 Januari 2022   22:05 Diperbarui: 26 Januari 2022   08:37 1321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pembelajaran diferensiasi (sumber: Dokumen pribadi)

Oleh. Eduardus F. Lebe

Membahas topik tentang pendidikan memang tiada akhir. Pendidikan akan tetap menarik dan penting selama manusia hidup. Sebab, salah ujung tombak keberhasilan manusia adalah pendidikan.

Persoalan pendidikan di Indonesia semakin intens dibicarakan mana kala pandemi covid 19 melanda. 

Di beberapa sekolah proses pembelajaran seperti mati suri. Sebab, selama pandemi covid 19 pendidikan di Indonesia mengalami apa yang disebut dengan learning loss. 

Learning loss (Kehilangan Pembelajaran) merujuk kepada sebuah kondisi hilangnya sebagian kecil atau sebagian besar pengetahuan dan keterampilan dalam perkembangan akademis yang biasanya diakibatkan oleh terhentinya proses pembelajaran dalam dunia pendidikan

Pemerintah berupaya mengembalikan proses pendidikan seperti semula. Dengan memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) 100%, diharapkan pendidikan di Indonesia kembali normal. 

Selain itu, perubahan paradigma pembelajaran harus segera dilakukan. Perubahan paradigma pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidkan.

Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang bisa memberikan dan memfasilitasi kebutuhan dari setiap siswa. Pendidikan di Indonesia masih belum banyak perubahan. 

Penerapan proses pembelajaran lama yang menganggap semua anak adalah sama, lebih berpusat pada guru, tanpa memberikan kesempatan kepada setiap untuk berpartisipasi aktif dalam belajar. 

Untuk itu pemerintah ingin menerapkan pembelajaran diferensiasi yang diharapkan dapat mengakomodasi seluruh potensi dari masing-masing siswa.

Pembelajaran diferensiasi diharapkan mampu mengembalikan kemampuan dan keterampilan siswa yang hilang akibat proses pandemi covid 19. Sebab, arah pembelajaran diferensiasi menitikberatkan pada pendekatan potensi masing-masing siswa.

Sekilas tentang pembelajaran diferensiasi

Beberapa literasi mendefinisikan pembelajaran diferensiasi adalah adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun