Mohon tunggu...
Eduardus Fromotius Lebe
Eduardus Fromotius Lebe Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Konsultan Skripsi

Menulis itu mengadministrasikan pikiran secara sistematis, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Peluang Erick Thohir di Pilpres 2024

10 Desember 2021   15:45 Diperbarui: 21 Desember 2021   10:20 514 16 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Erick Thohir, mentri BUMN di kabinet Indonesia Maju (sumber: republika.co.id)

Oleh. Eduardus Fromotius Lebe

(Penulis, Konsultan Skripsi dan Dosen)

Siapa yang tak kenal dengan sosok yang satu ini. Pebisnis yang sekarang menjabat sebagai mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dia adalah H. Erick Thohir, B.A., M.B.A, mudah, cerdas dan tekenal terutama  bagi kalangan anak muda dan kalangan pebisnis khususnya di bidang media dan olahrag.

Nama Erikc tidak hanya dikenal pada level nasional saja, akan tetapi juga internasional. Erick dikenal luas karena beberapa perusahaannya melakukan ekpansi ke luar negeri. Yang tidak mungkin dilupakan adalah kala Erick membeli saham mayoritas milik Inter Milan. Oleh karena itu, Erick lebih dikenal sebagai pebisnis yang bergelut dibidang olahraga.

Pengetahuannya seputar olahraga tersebut mengantarkan Erick pada jabatan penting sebagai menjadi Ketua Indonesia Asain Games Organizing Committee (Inasgoc) 2018. Di bawah koordinasi Erick Thohir, penyelenggaraan Asian Games 2018 sukses besar. Kemampuannya dalam mengorganisir even olahraga terbesar se-Asia tersebut mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Erick Thohir (kiri), saat berpidato sebagai ketua Inasgoc 2018 (sumber: beritasatu.com)
Erick Thohir (kiri), saat berpidato sebagai ketua Inasgoc 2018 (sumber: beritasatu.com)

Sukses dalam menyelenggarakan Asian Games 2018, Erick Thohir di dapuk menjadi ketua tim sukses untuk pasangan calon presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Ini menjadi langka awal Erick secara praktis masuk dalam aktifitas politik. Erick mengambil posisi yang berlawanan dengan rekan bisnisnya Sadiaga Uno yang kala itu menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto, rival bagi pasangan yang didukungnya.

Tugas yang tidak mudah bagi seorang Erick Thohir. Dia harus bisa mengantarkan kemenangan bagi pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Kala suhu politik memanas, Erick selalu tampil tenang sembari menjelaskan isu-isu seputar program kerja Joko Widodo dan Ma'aruf Amin. Alhasil, pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin memangkan kontentasi pilpres 2019.

Atas keberhasilan serta track record yang baik dalam mengelolah berbagai perusahaan, Erik Thohir kembali di pilih oleh Joko Widodo sebagai menteri BUMN. Jabatan yang sebelumnya dijabat oleh Rini Soemarno ini merupakan  salah satu jabatan di bidang  kementerian yang memiliki aset terbesar dari sekian banyak kementerian.

Dengan estimasi kurs Rp14.300 per dolar AS, maka total aset BUMN senilai US$650 miliar setara dengan Rp9.295 triliun. Aset yang begitu besar tentu membutuhkan figur yang mumpuni dalam mengelolahnya. Sejauh ini, Erick Tohir telah bekerja secara maksimal walapun masih ada beberapa perusahan yang mengalami masalah yang cukup serius.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan