Mohon tunggu...
Eduardus Fromotius Lebe
Eduardus Fromotius Lebe Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Konsultan Skripsi

Menulis itu mengadministrasikan pikiran secara sistematis, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Generasi Emas Katanya, Imitasi Nyatanya!

22 Oktober 2021   16:22 Diperbarui: 24 Oktober 2021   13:50 761 44 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi | Mirko Vitalli/envato elements

Tahun 2045, Indonesia memasuki 100 tahun atau satu abad untuk merayakan kemerdekaan. Inilah yang menjadi salah satu alasan munculnya ide, wacana, dan gagasan Generasi Emas 2045 dari pemerintah Indonesia. Memang masih lama kalau kita bicara generasi emas 1945, namun bibit generasi yang unggul harus dipersiapkan lebih awal.

Generasi emas (Golden generation) sering kali disematkan pada pada generasi penerus bangsa yang akan menentukan masa depan bangsa. Generasi emas terdiri atas generasi muda yang memiliki gairah serta etos kerja tinggi untuk sebuah kemajuan bangsa. 

Singkatnya, kemajuan sebuah bangsa menjadi tanggung jawab para generasi emas ini.

Negara bertanggung jawab dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia. Bukan hanya slogan yang penuh intrik, namun harus ada praktek yang penuh taktis. Oleh karena itu, tepat jika mempersiapkan generasi emas Indonesia merupakan tugas negara melalui lembaga-lembaga negara dan wajib untuk dilaksanakan.

Tahun 2045 merupakan tahun penuh kompetisi. 

Persaingan antar negara untuk mempertahankan eksistensi di baik bidang ekonomi, teknologi maupun budaya. 

Dengan demikian, sangatlah layak jika negara mempersiapkan generasi yang cerdas dan mau menerima perubahan harus diterapkan sejak dini menuju impian Indonesia menjadi generasi emas 2045.

Targetnya jelas yaitu mempersiapkan generasi emas yang dapat berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional. Akan tetapi, menciptakan generasi emas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh persiapan yang matang dengan berbagai program-program yang terukur.

Harus Seperti Apakah Generasi Emas Indonesia?

Generasi emas dengan kualitas hidup yang baik, tidak sekedar imitasi. Emas tetaplah emas dimana pun dan kapan pun. Gambaran singkat generasi emas Indonesia di masa yang akan datang. Generasi emas bukan sekedar nama, namun teraktualisasi dalam setiap cara berpikir dan cara bertindak.

Generasi emas Indonesia harus seperti apa? Ini pertanyaan yang sederhana namun membutuhkan jawaban yang dapat memberi gambaran yang komprehensif tentang generasi emas Indonesia 2045. Berikut ini uraian singkat seperti apa generasi emas Indonesia yang diharapkan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan