Mohon tunggu...
editan to
editan to Mohon Tunggu... tukang mesin cetak

semoga selalu dalam lindungan TYME

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Alkitab 127 Tahun Sertai Pelantikan Joe Biden

21 Januari 2021   09:21 Diperbarui: 21 Januari 2021   09:34 162 13 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alkitab 127 Tahun Sertai Pelantikan Joe Biden
Presiden Joe Biden meletakkan tangan di atas Alkitab. (Foto: AFP)

PRESIDEN terpilih Joseph Robinette Biden Jr (Joe Biden) mengawali jabatan sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS) dengan prosesi sumpah pada Rabu (20/1) sebelum tengah hari, atau Rabu malam waktu Indonesia.

Satu hal yang menarik adalah pengambilan janji sebagai presiden dilakukan dengan menggunakan Alkitab. Nilai sakralnya terasa karena usia kitab suci itu yang berusia 127 tahun.

Alkitab bersampul kulit setebal 5 inci itu sudah menjadi pegangan keluarga Biden turun temurun sejak 1893. Buku suci itu pula yang selalu mengiringi perjalanan karir politik Joe Biden yang kini memasuki usia 78 tahun.

Alkitab itu pula yang menjadi saksi simbolis dalam pelantikan Joe Biden sebagai wakil presiden dua periode bersama Barack Obama pada 2009 dan 2013. Joe Biden yang beragama Katolik itu juga menjadikan alkitab lawas tersebut menyertai pelantikan tujuh kali sebagai senator dari Delaware.

"Setiap tanggal penting (Alkitab) ada di sana," kata Jeo Biden dalam suatu acara talk show bulan lalu.

Joe Biden meyakini hadirnya Kitab Suci sebagai penguat iman dalam kehidupan pribadi ataupun dalam sepak terjang sebagai politikus apalagi saat ini sebagai presiden. Apalagi Biden merupakan presiden kedua yang menganut Katolik setelah John F Kennedy pada 1961.

Dalam Alkitab itu tertulis tanggal setiap upacara pelantikan Joe Biden yang mengawali terjun di politik ketika terpilih sebagai senator pada 1972. Alkitab itu juga menjadi saksi anak Joe Biden, Joseph Robinette 'Beau' Biden III, saat dilantik sebagai Jaksa Agung Delaware.  Beau meninggal karena kanker yang dideritanya.

Namun, bagi Donald Trump yang tidak mengakui kemenangan dan Biden sebagai presiden menilai Partai Demokrat telah melakukan agenda kiri. Dalam suatu kampanye pada Agustus lalu, Trump mengatakan Biden akan 'menyakiti Alkitab' dan upaya untuk menghapus Amandeman Kedua.

Bagi Presiden AS sebenarnya bersumpah dengan membawa Alkitab bukan menjadi hal yang wajib. Tradisi itu mewarisi George Washington saat dilantik pada 1789 menggunakan Alkitab Masonik.

Alkitab yang digunakan Presiden pertama AS itu pernah  digunakan untuk sumpah Presiden Warren G. Harding, Dwight D. Eisenhower, Jimmy Carter, hingga George HW Bush. Sedangkan Barack Obama dan Donald Trump memilih menggunakan salinan yang digunakan Abraham Lincold pada tahun 1861.

Seperti halnya Biden, John F Kennedy juga mempergunakan Alkitab dari pusaka keluarga besar yang telah berusia satu abad sebagai simbol dalam pelantikan presiden.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN