Mohon tunggu...
Ardiba Sefrienda
Ardiba Sefrienda Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger, Researcher

istri dari Edy dan ibu dari FREE(Faris Raditya Edsel Ediba)..we are edibafree Family. Kunjungi rumah maya saya di www.ardiba.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Penasaran dengan Konservasi dan Edukasi ala Safari Prigen

9 Februari 2016   17:16 Diperbarui: 9 Februari 2016   17:23 88 2 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Siapa tak kenal Taman Safari? Kebun binatang di Cisarua, Bogor yang terkenal dengan wahananya yang atraktif. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa disana. Ternyata Taman Safari nggak cuma di Bogor. Taman Safari ada juga di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, ada juga di Batang, Jawa Tengah dan Gianyar, Bali. baru tahu? Sama. Di acara launching How Close You are #SafariPrigen kemarin aku juga baru tahu kalau Taman Safari itu ada banyak. 

Launching How Close You are #SafariPrigen di Yogyakarta bertempat di lantai 2 Madam Tan Wok Bar, Yogyakarta. Kedatanganku disambut oleh backsound yang membuai, seperti di pedalaman hutan. Acara tersebut diisi oleh Pak Rully selaku marketing communication manager Taman Safari Prigen dan Bapak Suhadi selaku keeper gajah dan badak. Oh ya, di Taman Safari ini istilah 'pawang' diganti dengan istilah 'keeper', karena pada dasarnya pekerjaan mereka adalah menjaga (keep) satwa agar terawat dan terkendali. Kalau pakai istilah 'pawang' menurut Pak Suhadi itu terkesan mistis.

Kehadiran Pak Rully dan Pak Suhadi di acara ini membuat pemaparan tentang Safari Prigen lebih atraktif. Pertanyaan demi pertanyaan tak henti dilontarkan para Kompasioner. Dengan pengalaman Pak Suhadi yang sudah berpuluh-puluh tahun menjadi keeper, bahkan sempat dipercaya merawat Gajah Afrika di kebun binatang di Belgia sana, pertanyaan para Kompasioner dapat dijawab dengan memuaskan oleh beliau. Saya sendiri cukup tertarik dengan program edukasi ke sekolah-sekolah, sehingga murid bisa berinteraksi langsung dengan satwa yang berkunjung ke sekolah. Hebat sekali ya para keeper di Taman Safari ini, karena mereka tentu harus lihai dalam menjaga mood dan kesehatan para satwa yang dibawa ke sekolah-sekolah. Oh ya, beberapa satwa di Taman Safari juga sempat menghibur anak-anak korban gempa di Jogja beberapa tahun silam loh.

Safari Prigen telah berdiri sejak 1997 di wilayah kaki Pegunungan Arjuna. Sekitar 350 hektar luasnya, Safari Prigen telah dihuni lebih dari 3000 satwa dari 200 spesies yang berasal dari seluruh dunia. Safari Prigen sendiri dikenal sebagai lembaga konservasi dan rekreasi. Berbagai wahana yang bisa dinikmati antara lain  Safari Adventure-yang menjadi ciri khas Taman Safari-, Animal Show, Swimming with Dolphin, Elephant Journey, Tiger Stage dan Pertunjukan The Temple of Terror.

Hewan yang terdapat di Taman Safari sebelumnya telah mengalami adaptasi dari habitat sebelumnya. Itulah mengapa berbagai hewan dari berbagai wilayah bisa bertahan hidup dan betah di Taman Safari.   Safari advanture di Taman Safari Prigen terdiri beberapa zona dengan 43 jenis satwa mulai dari tapir, badak, gajah, sampai hewan buas seperti macan tutul, singa, dan Harimau Benggala. Buat yang pengen gendong satwa bisa mengunjungi kawasan Baby Zoo, dimana satwa seperti buaya, simpanse, sampai harimau versi mini nan menggemaskan bisa digendong tanpa khawatir, karena satwa ini sudah jinak. Sensasi berinteraksi langsung dengan satwa, sesuai taglinennya, How Close You are?, membuatku semakin penasaran buat berkunjung ke Taman Safari Prigen ini bersama dengan anak lelaki tercinta. Anak semata wayangku adalah pecinta binatang, dia senang sekali bermain dengan kucing. Nah, kalau nanti ada kesempatan berkunjung ke Taman Safari Prigen ini, aku pengen banget bisa mengajak anakku berinteraksi langsung dengan berbagai satwa di Safari Prigen ini, terutama berinteraksi dengan harimau.

Jam operasional Safari Prigen adalah dari jam setengah 8 pagi sampai setengah lima sore. Bila kunjungan dalam sehari terasa kurang, bisa menginap di Banteng Camp nih. Taman Safari Prigen sudah masuk wishlist pertama kalau ada kesempatan berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jawa Timur.

Oh ya, selain wisata hewan, ada juga permainan seperti roller coaster, bom bom boat, sepeda layang, puri misteri, dan wahana permainan lain. Yang terbaru ada wahana superbowl, untuk tahu lebih jauh tentang Safari Prigen bisa lihat di websitenya: www.safariprigen.com. Bisa kepo juga channel Youtubenya di Taman Safari prigen Jawa Timur. Twitternya di @safari_prigen, Fanspage FB di Taman Safari Indonesia II dan Instagram @tamansafariprigen. Buat yang lebih suka cara konvensional, bisa hubungi ke hotline di 0343-674-3000.

Salam Lestari!

 

Sumber foto: www.safariprigen.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan