Mohon tunggu...
Eddy Wijaya
Eddy Wijaya Mohon Tunggu... -

Seorang Mahasiswa IT yang tertarik pada bisnis online. Sedang aktif di blogger dan belajar mengenai SEO.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Makanan Sehat untuk Jantung Sehat

13 Januari 2014   16:17 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:52 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13896044871608860675

[caption id="attachment_315529" align="aligncenter" width="234" caption="Image from : jaringnews.com"][/caption] Belakangan ini saya sering sekali mendengar kabar kurang baik mengenai penyakit jantung. Ada saja kabar yang sampai ke telinga saya mengenai orang yang meninggal akibat serangan jantung. Kasus yang belum lama terjadi menimpa salah seorang kerabat saya. Siapa yang menyangka, bahwa orang yang terlihat sehat dan bugar tersebut ternyata bisa terkena serangan jantung dan pergi dengan begitu cepatnya. Dan yang membuat saya lebih terheran-heran adalah melihat usianya yang saya masih belum terlalu tua. Lantas saya bertanya-tanya, sebenarnya apa yang membuat hal tersebut bisa terjadi ? Semalaman saya melakukan browsing mengenai seragan jantung dan akhirnya pada halaman terbitan okezone saya dapatkan kutipan berikut

"Faktor utama seseorang mengalami serangan jantung atau gangguan pembuluh darah, ialah hipertensi, kolesterol, merokok dan diabetes militus. Di mana semua faktor risiko memiliki kronologi efek buruk yang berbeda namun tetap fatal untuk kesehatan seseorang."

Pada hasil kutipan diatas dikatakan bahwa salah satu penyebab serangan jantung adalah kolesterol. Lantas melihat kata kolesterol diatas membuat saya sedikit takut, sebab saya mengetahui bahwa penyebab kolesterol tinggi dalah pola makanan tidak sehat yang banyak mengandung lemak jenuh. Biasanya makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh itu seperti telur, daging unggas, aneka gorengan yang semuanya merupakan makanan sehari-hari saya dan itu berarti saya sedang menabung kolesterol didalam tubuh. Memang dampaknya tidak akan saya rasakan sekarang, tapi bagaimana dengan 10, 20 atau 30 tahun lagi ? Saya tidak ingin membayangkannya. Maka dari itu, rasanya perlu untuk mencegah karena  memang mencegah lebih baik daripada mengobati. Kebetulan saya tidak merokok dan tidak memiliki tekanan darah tinggi serta diabetes karena usia saya yang masih menginjak 20 an. Jadi rasanya pencegahan bisa dilakukan dengan mengubah pola hiduo khususnya pada pola makan. Lalua saja pola akan tersebut, berikut adalah pola makan yang baik untuk jantung menurut hasil browsing-browsing hehehe : 1. Salmon Menurut beberapa sumber, salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan Vitamin D dan Omega 3. Kandungan Vitamin D pada salmon bisa dibilang lebih banyak jika dibandingkan dengan ikan lain. Kandungan Vitamin D serta Omega 3 pada salmon tersebutlah yang membuat ikan ini baik untuk di konsumsi sebagai makanan sehat untuk jantung. 2. Bayam Beberapa penelitian, bayam memiliki banyak sekali kandungan folic acid yang mampu untuk melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa. Selain itu bayam juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang berguna untuk mencegah terkumpulnya plak kolesterol pada saluran arteri. Sebenarnya selain dari dua makanan diatas, masih banyak lagi makanan sehat untuk jantung yang dapat anda konsumsi seperti asparagus, brokoli, dan lain-lain. Karena saya hanya suka 2 makanan tersebut yaitu salmon dan bayam, jadinya hanya 2 yang saya beri penjelasan, hehehehe :) Sumber Referensi : 1. http://health.okezone.com/read/2013/09/12/482/864899/waspadai-penyebab-serangan-jantung-mendadak 2. http://health.kompas.com/read/2012/11/03/0907329/7.Penyebab.Kolesterol.Naik 3. Langkah Sehat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun