Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Menjadi Manajer Itu Mudah, Benarkah?

23 September 2022   14:43 Diperbarui: 24 September 2022   05:59 270 21 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Me-manage organisasi untuk mencapai kemajuan (Sumbergambar:freepik.com).  

Seorang mahasiswa di kelas saya mengajar menanyakan hal yang sangat mendasar seputar ilmu manajemen.

"Pak, apa sih sebetulnya perbedaan atau persamaan antara manajemen dengan manajer? Apa pula tugas manajer itu?" Begitu kurang-lebih pertanyaan yang dilontarkan. Saya sudah menjawabnya di kelas.

Dan, itulah yang akan kita bahas lebih jauh dalam artikel sederhana ini sekaligus memberikan referensi yang sedikit rinci terhadap pertanyaan mahasiswa tersebut.

Apakah Manajemen Itu?

Para ahli sering memaknai manajemen dari berbagai sisi yang berbeda. Ada yang melihat manajemen sebagai ilmu, proses, seni, dan sebagai profesi.

Manajemen sebagai ilmu tentu saja di dalamnya ada seperangkat teori atau pengetahuan yang terangkai sedemikian rupa dengan pendekatan ilmiah, dihimpun melalui serangkaian penelitian, penemuan, serta pengujian terhadap fakta dan data di lapangan.

Manajemen sebagai ilmu pada umumnya diselenggarakan di dunia kampus. Dipelajari di situ, didalami di situ, dan dikembangkan juga di dunia pendidikan tinggi.

Para dosen dan ilmuwan pada umumnya senantiasa berupaya untuk melakukan penelitian demi penelitian dalam rangka mengembangkan ilmu manajemen agar selaras dengan perubahan yang terjadi dan perkembangan zaman.

Lain manajemen sebagai ilmu, lain juga pengertian manajemen sebagai seni. Sebagai seni, manajemen dipraktikkan di lapangan oleh para manajer.

Kendati mereka sudah dibekali dengan ilmu manajemen di kampus tempat mereka belajar dulu, namun mereka harus menyesuaikan ilmu itu dengan realitas di tempat mereka bekerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan