Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Kehilangan Semangat Kerja, Apa yang Harus Dilakukan?

16 Januari 2022   13:20 Diperbarui: 17 Januari 2022   13:10 1656 34 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kehilangan semangat kerja.| Sumber: Thinkstockphotos via Kompas.com

Anda kehilangan semangat kerja? Bahkan, sekarang sedang mengalami lose work motivation itu? Jika Anda jawab "ya", maka sudah saatnya memikirkan dan menemukan jalan keluarnya.

Jika semangat kerja ini dibiarkan tenggelam, maka akan banyak dampak negatif yang diakibatkannya, baik terhadap diri maupun tempat kerja.

Ketahui Penyebabnya

Kehilangan semangat kerja atau orang menyebut dengan istilah demotivasi merupakan gejala yang dirasakan, dialami, yang tampak di permukaan. Yang perlu diketahui adalah faktor penyebabnya.

Seperti dokter perlu mendiagnosis gangguan kesehatan pasien sebelum memberikan tindakan dan pengobatan, demikian juga dengan penanganan terhadap demotivasi ini. Dibutuhkan pemahaman yang pasti apa yang menjadi biang keladi kehilangan semangat kerja tersebut.

Dengan mengetahui penyebabnya, maka terapi yang diambil akan relevan dengan problem yang dihadapi. "Pengobatan"-nya pun menjadi tepat. Adalah tidak mungkin mengobati gejala-gejala luar saja. Kalau ingin problemnya terselesaikan secara tuntas, mesti diketahui penyebabnya dan mulai menanganinya dari situ.

Penyebab Demotivasi Kerja

Kalau ditelusuri lebih jauh, terdapat beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami kehilangan semangat kerja. Penyebab demotivasi bisa dari satu penyebab saja, bisa pula gabungan dari beberapa penyebab seperti dijelaskan berikut ini.

Ilustrasi menjaga semangat kerja (Sumber gambar: invisionapp.com).
Ilustrasi menjaga semangat kerja (Sumber gambar: invisionapp.com).

Pertama, tidak punya tujuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan