Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Saya, Kompasiana, dan Kompasianer, Ada Apa?

7 Juni 2020   20:21 Diperbarui: 7 Juni 2020   20:33 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: tipsfatsa28.blogspot.com

Ada satu pertanyaan yang saya ajukan kepada diri sendiri: untuk apa saya berkompasiana? 

Pertanyaan itu tak sekali-dua kali saya ajukan, melainkan berkali-kali pada saat-saat tertentu.

Tiga Tujuan Berkompasiana

Tentu saja jawaban saya sudah bisa ditebak oleh para sahabat, bahwa saya berkompasiana dengan dua motif utama, yakni pertama, mengasah kemampuan menulis; dan kedua, berbagi pengalaman atau pandangan kepada para sahabat. Itulah yang menjadi tujuan utama saya berkompasiana sejak awal.

Dalam perjalanan, saya dapatkan keindahan persahabatan di kompasiana yang menyebabkan saya semakin betah. Lantaran persahabatan itulah yang kemudian mendorong saya untuk menjadikan ini sebagai tujuan ketiga. Ya, tujuan ketiga saya adalah mendapatkan sahabat di kompasiana, kendati hanya sahabat secara online.

Walaupun sifatnya online, tetap saja saya merasakan dukungan yang besar dari mereka, terlebih-lebih rasa persahabatan yang tulus dari sejumlah teman. Mohon maaf tidak saya tuliskan di sini, agar tak ada rasa pilih kasih. Pokoknya, sahabat-sahabat yang senantiasa siap baku support di kompasiana.

Dinamika berkompasiana demikian berwarna. Berbagai kepribadian tergabung dalam rumah besar kompasiana. Setiap orang yang ada di sini memiliki keinginan dan motivasi yang tidak selalu sama. Dan, saya ada di antara mereka. Memerhatikan warna-warni pemikiran dan pandangan kompasianer, saya akhirnya memahami bahwa saya mesti berusaha berdiri di ruang netral dan di atas kaki sendiri.

Lebih Memilih Bersyukur

Seperti saya sebutkan di awal, di sini saya ingin berbagi. Di sini saya ingin mengasah kemampuan menulis. Dan, di sini pula saya ingin merentangkan persahabatan seluas-luasnya dengan para kompasianer yang bersedia mengulurkan tangan. Itu saja.

Dengan cara berpikir seperti itu, saya tak perlu kecewa jika tak dapat K-reward (karena memang belum pantas), belum dapat centang biru (karena belum waktunya), jarang dapat artikel utama (karena banyak tulisan saya yang masih payah), dan tidak sering dapat nilai tertinggi (karena banyak kekurangan pada artikel saya), dan lainnya.

Alih-alih mengeluh, saya lebih memilih bersyukur. Dengan rasa syukur saya mencoba melihat segala sesuatunya dari sisi positif sehingga saya tak akan mengeluhkan keadaan yang tak sesuai dengan keinginan saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun