Mohon tunggu...
Yus Rusila Noor
Yus Rusila Noor Mohon Tunggu... Pekerja Lingkungan

Saya adalah seorang yang sedang belajar. Bagi saya, hidup itu adalah proses belajar, dan belajar itu adalah proses seumur hidup .... Iqra

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Anatomika Stereotipe, Membongkar Prasangka dari Kucing Oyen hingga Konsensus Media

7 Oktober 2025   18:10 Diperbarui: 16 Oktober 2025   08:43 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yus Rusila Noor
yus.noor@gmail.com

Setelah pengajian hari ahad pagi, sambil berusaha menikmati slow living berjalan di komplek perumahan, saya berjumpa dengan 3 ekor kucing berwarna putih mulus dan polos. Nampaknya mereka adalah Ibu dan dua ekor anaknya.

Saya lalu teringat omongan ringan para tetangga dan juga di sosial media bahwa kucing putih adalah penurut dan cenderung lembut, berlawanan dengan kucing oyen yang cenderung dianggap barbar dan pembuat masalah.

Lalu pikiran saya melayang bertanya mengapa manusia begitu mudah memberi label pada sesuatu, bahkan pada kelompok warna kucing?

Tidak hanya itu, bahkan untuk suatu suku atau bangsa manusiapun kita cenderung memberikan label tertentu, katakanlah suku Sunda sebagai kumpulan manusia yang "santai", Jawa yang "halus" atau suku Minang yang "perantau".

Semua itu terdengar sepele, tapi di baliknya sepertinya tersimpan mekanisme psikologis dan sejarah panjang tentang bagaimana otak dan budaya kita memproses dunia sosial yang kompleks.

Stereotipe sebagai Cara Otak Menghemat Energi

Dalam psikologi sosial, stereotipe disebut sebagai jalan pintas kognitif, cara otak menyederhanakan dunia yang penuh informasi. Kita mengelompokkan, menilai, dan memberi makna agar tidak kelelahan berpikir. Sayangnya, efisiensi ini sering dibayar mahal karena keakuratan menurun dan individualitas menjadi menguap.

Di tingkat budaya, stereotipe sering lahir dari sejarah yang kemudian menempel dalam ingatan. Citra orang Minangkabau yang dikenal gigih berdagang dan suka merantau, misalnya, sesungguhnya tumbuh dari tradisi sosial yang mengharuskan anak muda Minang mencari kehormatan dan pengalaman di luar kampung. Merantau bukan sekadar kebiasaan, tetapi strategi budaya, sebuah institusi sosial yang membentuk karakter ekonomi dan mentalitas mereka.

Sebaliknya, stereotipe orang Sunda yang dianggap "santai" dan "terlalu menikmati alam" punya akar sejarah keras di masa lalu. Di masa kolonial, sistem pertanian Sunda yang menyesuaikan diri dengan musim dan cenderung menolak sistem kerja paksa yang memang dipaksakan oleh penjajah, sering kemudian dipersepsikan oleh penjajah sebagai tanda kemalasan. Padahal itu adalah bentuk ketahanan budaya dan ekonomi yang menunjukkan kecerdasan adaptasi, atau dalam bentuk lain, itu adalah bentuk pembangkangan terhadap eksploitasi penjajah. Perspektif yang timpang inilah yang kemudian diwariskan tanpa disadari dari generasi ke generasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun