Mohon tunggu...
Dzikril Ikhsan
Dzikril Ikhsan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

14 Juni 2021   11:55 Diperbarui: 14 Juni 2021   12:33 770
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENDAHULUAN

Peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda dan pendidik perlu memahami setiap karakteristiknya. Apalagi pada masa saat ini itu sudah masuk era globlisasi, penggunaan teknologi itu sudah banyak dilakukan oleh masyarakat, baik itu masyarakat perkotaan maupun pedesaan dalam kehidupan sehari-harinya, salah satunya teknologi smartphone yang mana hampir semua orang dari berbagai kalangan itu memiliki smartphone sebagai alat berkomunikasi dan mencari informasi dari manapun, kapanpun dan mengenai apapun itu terdapat dalam satu genggaman baik berupa teks, audio maupun visual. Maka dari itu dalam pendidikan mengenai hasil belajar baik itu kognitif, afektif, maupun psikomotor peserta didik itu perlu di perhatikan dalam memilih media pembelajaran dengan beradaptasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang lebih lengket dengan teknologi. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mempermudah penyampaian materi dan akan membuat peserta didik lebih menikmati proses pembelajaran. Media pembelajaran menurut H. Malik (1994) dalam Samiharsono (2017:10) adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan pembelajaran dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

METODE PENELITIAN

Studi Literatur

Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menelaah 4 buku dan 2 jurnal yang terkait dengan judul artikel ilmiah ini. Sehingga hasil dari telaah literatur ini dapat menjelaskan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar peserta didik.

HASIL DAN PEMBAHASAN

HASIL BELAJAR

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran yang dapat menunjukkan tingkat kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Nana Sudjana (2009: 3) mendefinisikan hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Hasil belajar sebagai salah satu indikator pencapaian tujuan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar itu sendiri. Sugihartono, dkk. (2007:76-77), menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya: a). Faktor internal atau faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, seperti faktor jasmaniah dan faktor psikologis. b). Faktor eksternal atau faktor yang ada di luar individu, seperti faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran pendidikan tentunya akan lebih membuat suasana yang kondusif, variatif dan tidak membosankan, sehingga peserta didik dapat dengan mudah menyerap materi dan menerima dengan baik pengetahuan yang disampaikan oleh guru, dalam hal ini terutama media pembelajaran berbasis teknologi. Di era modernisasi saat ini penggunaan teknologi sudah banyak digunakan diberbagai bidang baik itu ekonomi, budaya, politik dan lainnya yang beradaptasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, tentunya dalam bidang pendidikan pun perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi pada saat ini dan memanfaatkan teknologi tersebut dalam menunjang pembelajaran dalam bidang pendidikan sehingga peserta didik setelah lulus nantinya siap bersaing dengan dunia luar dalam kehidupannya di era globalisasi saat ini, oleh karena itu pemilihan media pembelajarn sangat dibutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun