Mohon tunggu...
Inamu Dzakiyyah
Inamu Dzakiyyah Mohon Tunggu... Fb : Inamu dzakiyyatul jamilah, Instagram :Inamu_99

Mahasiswi "Ngono yo ngono nanging yo ojo ngono"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Melatih Kepemimpinan Anak Melalui Petualagan

12 September 2019   22:54 Diperbarui: 12 September 2019   23:00 0 0 0 Mohon Tunggu...
Melatih Kepemimpinan Anak Melalui Petualagan
Petualangan (freepik.com)

Setiap anak, memiliki kualitas kepemimpinan yang berbeda-beda.

Menanamkan nila-nilai kepemimipinan sejak dini pada diri anak tentu saja hal ini sangat penting.  terutama untuk merangsang spirit kepemimpinan yang ada pada dirinya. 

Bukankah kita ketahui, bahwasanya setiap anak memiliki potensi sebagai pemimpin? Tentu saja tidak semua anak harus menjadi pemimpin terkenal dengan banyak pengikut, sebab pemimpin dan kepemimpinan sendiri memiliki spectrum yang luas. Hal yang Pasti adalah seorang anak harus tumbuh dan memberi pengaruh pada hisup dan kehidupannya nanti.

Tentunya, kita sebagai calon pendidik juga harus tahu, Bahwasanya setiap anak memiliki keunikan sendiri . Dimana setiap anak dilahirkan dengan keunikan masing-masing, sehingga mereka juga memiliki kualitas kepemimpinan yang berbeda-beda. 

Namun juga perlu di ingat, bahwa mereka juga memiliki spirit kepemimpinan yang dibawa sejak lahir, sheingga sering di katakana bahwassanya "kita adalah pemimpin, minimal untuk diri sendiri". Dimana, spirit kepemiminan ini memilii kadar yang berbeda-beda.

Hal yang sering terlihat secara jelas dari pola tingkahnya, seperti memiliki inisiatif yang tinggi, pandai bergaulsehijngga dengan mudah sekali menjadi pusat perhatian di antara teman-teman sepermainannya.

Seorang anak yang memiliki bakat kepemimpinan alami tentunya dapat ditunjukkan dengan tindakan --tindakan spontan; seperti mengatur temannya, tingkah lakunya diikuti teman-temannya, suka cari perhhatian,, lebih suka dituruti, selalu memiliki ide, dan lain sebagainya. Dimana tindakan spontan tersebut menjadi tanda-tanda yang dapat diidentifikasi. Namun, bakat alami dapat saja tidak tumbuh dengan optimal karena, tidak dipupuk dan diberi tempat dalam proses pertumbuhan anak.

Tentunya sebagai calon orang tua ataupun calon guru, dapat memahami prinsip pengembangan kepemimpinan anak. dimana hal ini merupakan kesadaran bagi kita untuk melihat anak sebagai harapan dan penerus masa depan bangsa. Seharusnya hal ini juga sudah terpatri dalam diri setiap calon maupun orang tua yang pada akhirnya harus mempersiapkan dan mampu menumbuhkan komitmen bersama untuk memberikan anak-anak iklim ataupun atomsfer yang kondusif untuk mereka tumbuh.

Anak yang terlindungi dan memiliki tempat yang layak di mata keluarga tentu menjadi harapan kita semua. Jika, kondisi ini berhasil ditegakkan. Tentunya harapan untuk menghasilkan generasi unggul  dengan semangat kepemipinan yang lebih baik tidak hanya sebagai isapan jempol belaka. Namun ha ini juga menjadi, sebuah ladang atau tabungan, seperti hdalam pepatah  "apa yang kita tanam, itulah yang kita tuai",

Salah satu Kegiatan, untuk melatih kepemimpinan ialah melalui petualangan.

Berpetualang bersama teman
Berpetualang bersama teman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x