Mohon tunggu...
Dyva Patricia Siahaan
Dyva Patricia Siahaan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Mengeksplor lebih luas lagi tentang pendidikan kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Lingkungan

1 Desember 2022   07:40 Diperbarui: 27 Desember 2022   13:09 342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://synthesishomes.id/sales/

Dalam sebuah kehidupan tentunya kita menginginkan terciptanya hidup yang sehat baik itu sehat jasmani dan rohani agar kita merasakan apa itu kenyamanan dan kesehatan yang baik pada lingkungan sekitar kita. Kesehatan lingkungan sangat penting agar lingkungan hidup masyarakat menjadi lebih baik guna menunjang Indonesia sehat dan kuat.

Tetapi hal tersebut tidak akan tercipta jika tidak memperhatikan kondisi lingkungan sekitar kita. Untuk terwujudnya Kesehatan lingkungan diperlukan pemahaman yang baik tentang ilmu lingkungan dan kerjasama yang baik antar makhluk hidup.

Definisi Ilmu Lingkungan ialah penerapan berbagai tindakan atau ajuan dalam kehidupan yang kita lakukan di tengah-tengah lingkungan. Jadi, masalah kesehatan adalah suatu masalah yang saling terikat yang berkaitan dengan masalah-masalah lain di luar kesehatan itu sendiri.

Pemecahan masalah pada kesehatan masyarakat tentunya harus dilihat dari seluruh segi kesehatan yang mempengaruhinya salah satunya kesehatan lingkungan seseorang tersebut.

Di samping berpengaruhnya kesehatan lingkungan pada diri sendiri juga saling berpengaruh satu dengan yang lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ilmu kesehatan lingkungan merupakan ilmu multidisiplin di mana cara pandang pada kehidupan dan lingkungan sosial untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu dilakukan dengan kerja sama yang baik agar terwujudnya perubahan lingkungan hidup manusia yang dapat menimbulkan gangguan pada lingkungan masyarakat dan memahami atau mempelajari upaya pencegahannya.

Upaya terhadap ruang lingkup kesehatan lingkungan dapat kita lakukan dengan beberapa kegiatan, yaitu pengadaan air bersih karena air yang layak digunakan sudah susah dijumpai, pengendalian pencemaran air limbah karena sekarang orang-orang bebas membuang air limbah ke laut maupun sungai, dan pengelolaan sampah agar tidak terjadi penumpukan yang menimbulkan sarang nyamuk, perbaikan perumahan dan sistem permukiman, pengendalian aspek kesehatan lingkungan pada pola ekosistem udara, lalu lintas darat dan laut, pencegahan pencemaran radiasi.

Kemudian, pencegahan kecelakaan yang sekarang rawan terjadi karena kurangnya kesadaran pada si pengendara untuk mematuhi peraturan yang ada, melakukan pengawasan dan pembinaan lingkungan di tempat-tempat orang liburan, dan pengawasan pencemaran tanah oleh faktor lingkungan biologis dan kimia, pengendalian pencemaran udara, kesehatan kerja yang harus di perhatikan, dan hal terpenting juga yaitu pengembangan sistem standardisasi untuk memberikan jaminan perlindungan lingkungan agar bebas dari segala risiko yang menyebabkan terganggunya kesehatan.

Pada ilmu kesehatan lingkungan terdapat cara dan upaya individu atau masyarakat dalam mengendalikan lingkungan hidup yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia  agar terwujudnya lingkungan hidup yang sehat.

Pada lingkungan hidup manusia dengan makhluk lainnya perbedaannya dapat dibagi dua, yaitu lingkungan hidup internal di mana terjadinya keahlian khusus yang dilakukan oleh seseorang dan terjadinya proses kimia yang ada dalam tubuh yang berhubungan dengan organisme hidup.

Hal tersebut berlangsung dalam tubuh manusia pada saat tertentu yang juga mampu menyesuaikan diri dengan perubahan pada keadaan yang terjadi di luar tubuh untuk kelangsungan hidup. Dan lingkungan hidup eksternal yang merupakan sesuatu yang berupa benda hidup dan mati, ruang energi, keadaan pada sosial, ekonomi, dan juga budaya yang dapat menimbulkan terjadinya pengaruh terhadap kehidupan manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun