Mohon tunggu...
Dymi KavindraReyhansyah
Dymi KavindraReyhansyah Mohon Tunggu... SMK Telkom Malang

SMK Telkom Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ancaman dan Strategi untuk Mengatasi Pandemi Covid 19 di Bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pertahanan dan Keamanan di Indonesia

22 Januari 2021   14:25 Diperbarui: 22 Januari 2021   14:28 503 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ancaman dan Strategi untuk Mengatasi Pandemi Covid 19 di Bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pertahanan dan Keamanan di Indonesia
dok.telkom

Covid 19 adalah sebuah virus dengan nama coronavirus(SARS-CoV-2). Virus yang menjadi pandemic di tengah tengah masyarakat ini bisa menyerang siapa saja, orang lansia, dewasa, anak anak, maupun bayi sekalipun. Pandemi ini juga sudah menyebar diseluruh dunia.

Covid 19 atau corona ini selain juga menyerang Kesehatan masyarakat, corona ini juga memberikan dampak yang besar bagi berbagai aspek kehidupan. Seperti memberikan dampak besar dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, budaya, dan pertahanan keamanan. Dampak yang sangat besar ini berupa sebuah ancaman.

Ancaman ancaman cukup berdampak sangat besar bagi masyarakat umum. Tentunya dalam perumpamaan saja dalam sosial budaya. Ancaman ini dapat berupa masyarakat yang semakin jarang berinteraksi secara langsung dan juga kurangnya masyarakat yang peduli akan budaya memakai masker untuk memutus sirkulasi covid. Banyak hal lain yang sudah terjadi seperti contohnya pada sosial media saja sudah banyak orang yang mengatakan bahwa covid 19 ini adalah konspirasi dari Who ataupun dari pemerintah itu sendiri.

Disaat berada ditengah masyarakt umum, banyak orang yang juga tidak mematuhi aturan untuk berinteraksi, yaitu selalu kenakan masker dan lakukan social distancing. Akan tetapi juga banyak juga masyarakat yang sadar akan pentingnya menggunakan masker dan mengaplikasikan protokol Kesehatan dengan penuh kesadaran akan tetapi juga ada yang menggunakan masker dengan alasan menghindari sanksi dan agar tidak terkena Razia. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan juga kesadaran masyarakat pentingnya penggunaan masker dan juga sosial distancing, dengan ini selain dapat mengurangi dampak corona masyarakat juga tetap dapat berinteraksi dengan menerapkan social distancing.

Penyakit ini dapat memberikan sangat banyak ancaman diberbagai bidang. Contohnya adalah semakin banyak orang yang menghiarukan covid 19 ini maka angka positif corona juga akan semakin meningkat maka dalam hal ini tentu akan membuat pandemic covid akan semakin lama hal ini memiliki dampak yang sangat besar yaitu dalam bidang ekonomi. Dalam pandemic ini ekonomi masyarakat juga menurun karena takutnya masyarakat terhadap corona yang ada pada makanan ataupun corona yang ada pada penjual atau pedagang tersebut. Tidak hanya itu ketentuan dari pemerintah tentang jam malam juga dapat membuat tempat tongkrongan yang biasa ramai terpaksa dibubarkan bahkan ditutup paksa dan dikenakan denda.

Banyak pedagang yang kurang setuju dengan ketentuan ini, terutama tentang jam malam yang diberlakukan, karena mereka merasa cukup dirugikan dengan ketentuan ini. Untuk mengatasi hal ini mungkin ketentuan dapat dilonggarkan sedikit, dan juga para pedagang juga perlu menemukan inovasi baru untuk dagangannya dapat melalui online maupun inovasi lainya

Ancaman selain dalam bidang ekonomi dan sosial budaya, juga terdapat ancaman di bidang politik. Juga terjadi saat Presiden Joko Widodo memberi teguran kepada jajaran Menteri pada cabinet Indonesia maju tentang program dan saluran dana yang disampaikan kepada masyarakat tidak tersampaikan secara optimal dan lancar. Hal lain juga terjadi saat penundaan pilkada serentak pada 23 September 2020 menjadi 2 Desember 2020.

Ancaman berikutnya adalah dalam bidang pertahanan dan keamanan, “Dampak yang ditimbulkan covid-19 ini sangat kompleks.pihak yang juga menyatakan bahwa virus korona adalah senjata biologis yang sengaja diciptakan pihak tertentu untuk menimbulkan kekacauan global untuk menuju keseimbangan baru” kata Simon, “Dari sisi dunia intelijen dan pertahanan, pemerintah perlu memperkuat pertahanan biologi (biodefense) pada tugas operasi militer. Ini merupakan upaya pertahanan terhadap agen biologi yang digunakan sebagai senjata oleh pihak yang konflik serta terhadap penyakit infeksi endemis,” katanya.

Hal ini dikutip dari alamat website https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/329022/pandemi-covid-19-juga-berdampak-ke-pertahanan-dan-keamanan

Kita tidak tahu apakah covid adalah virus alami ataupun virus yang digunakan untuk senjata biologis. Banyaknya pendapat yang berbeda dan juga ada yang pro dengan protokol corona maupun ada yang kontra dengan protokol Kesehatan, maka tentu dapat menyebabkan terancamnya persatuan dan kesatuan Indonesia. Banyaknya konspirasi maupun informasi yang belum terkonfirmasi tentang covid 19 ini juga menyebabkan banyak masyarakat yang mempercayai konspirasi ataupun informasi yang belum terkonfirmasi. Sekian dari saya terimakasih.

Sumber yang tercantum :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN