Dyanitta NirmalaRamadhani
Dyanitta NirmalaRamadhani Mohon Tunggu... Dokter - a normal middle school student who's just doing her school work

hi, nice to meet u:)

Invita 2019

14 Oktober 2019   15:26 Diperbarui: 14 Oktober 2019   15:45 8
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada tanggal 8 Oktober lalu, aku pergi ke jogja dan solo bersama labschool angkatan 27 dalam kegiatan invita, atau industri visit dan tafakur alam. kami dijadwalkan harus sudah hadir pada waktu magrib atau sekitar pukul 18.00 WIB di pintu selatan stasiun kereta gambir.  Butuh sekitar 35 menit untuk perjalanan dari rumahku ke stasiun gambir. Walaupun agak mepet sampainya aku  datang tepat waktu, pas banget pas semuanya sudah mau masuk ke dalam stasiun jadi masih ada waktu untuk mengambil tiket dan berkumpul dengan teman-temanku dulu. setelah masuk ke dalam stasiun kami menunggu keretanya datang yaitu jam 20.00. Sambil menunggu kami diberikan waktu untuk pergi ke toilet dan salat maghrib terlebih dahulu.

saat keretanya datang kami segera masuk kelas per kelas. kami menggunakan kereta api argo lawu eksekutif. keretanya nyaman banget, bersih, dan kelihatan baru. setiap kursi mendapatkan satu bantal dan juga satu selimut, juga terdapat pijakan untuk kaki kita. sesampainya di kereta aku segera menaruh koper lalu membuat diriku nyaman  di tempat dudukku selama 6 jam kedepan. kami dapat makan malam dari sekolah, yaitu hokben, menurutku hokbennya enak dan cukup mengenyangkan. selama di kereta aku hanya main hp, saat waktu menunjukkan angka 1 baru aku membiarkan tubuhku beristirahat sampai hari esok.

aku bangun jam 3.45. langsung kurasakan udara dingin AC menusuk kulitku. setelah bangun aku memilih untuk bermain hp dan bermalas-malasan sebentar, lalu jam 4.20 baru aku salat subuh dan mulai membereskan barang-barangku. 4.45, kami tiba di tujuan pertama kami, solo. kami tiba di stasiun solobalapan, setelah itu kami naik bus ke tujuan pertama kami di solo, yaitu restoran taman sari. disana kami diberi waktu untuk mandi dan beres-beres. setelah sarapan kami pergi ke museum sangiran.

museum sangiran adalah museum tentang manusia purba. kalau dilihat dari sejarah, banyak sekali fosil manusia purba yang ditemukan di klaten, mulai dari mengantropus, homo soloensis, dan lain-lain. Nah, informasi tentang manusia-manusia purba tersebut dapat kita pelajari lebih lanjut di museum sangiran ini. banyak sekali miniatur manusia purba yang menggambarkan bentuk wajah, tubuh, dan gaya hidup mereka. overall, museum sangiran sangatlah menarik karena aku dapat belajar banyak banget tentang manusia purba. setelah selesai mengunjungi museum sangiran, kami pergi ke pt sritex.

pt sritex adalah perusahaan yang menghasilkan berbagai macam baju, mulai dari baju tentara, baju-baju untuk profesi tertentu, baju sekolah, bahkan baju-baju brand luar negeri yang biasa kita pakai, seperti mango, h&m, zara dan masih banyak lagi. disana kami bisa melihat pabrik dimana baju-baju tersebut dibuat. pabrik yang kami kunjungi adalah garment. disana kami dpaat melihat para pekerja sedang menjahit dan melakukan finishing, dapat dilihat beberapa baju yang sudah selesia. pabriknya sangat luas dan terdapat banyak sekali meja untuk working space pekerja. setelah selesai melihat-lihat kami pergi ke tokonya dimana mereka menjual hasil produk yang mereka buat, terdapat banyak sekali barang mulai dari baju, celana, sampai tas pun ada. setelah selesai berbelanja kami melanjutkan perjalanan ke jogja.

kami pergi ke jogja menggunakan bus yang kami pakai dari awal. perjalanannya kurang lebih selama 1-2 jam. sesampainya di jogja, kami makan malam dulu di restoran lalu setelahnya kami ke hotel. kami menginap di cavinton hotel, hotelnya cukup nyaman dan kami semua mendapatkan kamar dengan 2 tempat tidur untuk berempat. sesampainya di hotel kami segera mandi dan beres-beres lalu setelah selesai kami pun tidur.

aku bangun jam 4.00 WIB tetapi setelahnya tidur lagi sampai jam 5.15, kami mandi bergiliran dan bersiap-siap untuk hari kedua kami, setelah semua siap kami baru turun untuk makan sarapan. setelah selesai mengisi energi  kami pergi ke tujuan pertama kami hari itu, gunung merapi.

perjalanan menuju gunung merapi sekitar 1 jam. disana kami lava tour mengelilingi merapi menggunakan mobil jeep. tujuan pertama kami di gunung merapi adalah museum mini sisa hartaku. disana terdapat barang-barang yang ditemukan dsaat terjadi erupsi gunung merapi 8 tahun silam. terdapat, motor, al quran, pakaian, gelas dan masih banyak lagi yang sudah terbakar. beberapanya bahkan hanya tersisa kerangkanya. sungguh menarik dan sedih melihat sisa-sisa erupsi, mengingatkan kita tentang dahsyatnya erupsi gunung merapi.

Setelah dari museum mini sisa hartaku kami lanjut ke batu alien. batu ini merupakan batu besar yang menimpa sebuah kandang saat terjadinya erupsi. setelah dari batu alien kami lanjut ke bunker kaliadem. bunkernya cukup kecil dan sangatlah gelap. bunker ini berfungsi sebagai tempat berlindung dari lava saat erupsi terjadi, tetapi sayangnya pada erupsi yang lalu, bunker ini gagal melaksanakan tugasnya dan 2 orang tewas di dalamnya. bunker kaliadem adalah tujuan terakhir kami di merapi, setelah itu kami makan siang. tempat kita makan tidak terlalu jauh dari gunung merapi sekitar 30 menit perjalanan. setelah selesai makan kami lanjut ke desa pentingsari.

di desa pentingsari kami belajar untuk membatik. disana kami diberikan sebuah kain yang sudah digambar dan mulai mencanting. karena aku cuman pemula dan bener-bener gatau apa-apa tentang membatik ya jadinya ga terlalu bagus hehe, tapi tetap seru karena dapat belajar membatik. setelah dari desa pentingsari kami lanjut ke tebing breksi.

tebing breksi adalah tebing dari bantu-batuan yang jatuh dan beberapanya dibentuk dan menghasilkan tebing yang indah. kami datang pas sekali saat matahari mulai terbenam. senja kedua kami di jogja. kami hanya diberi sekitar 30 menit disana, cukup untuk melihat indahnya matahari tenggelam. setelah dari tebing breksi, kami makan malam terlebih dahulu, setelah selesai baru kami balik ke hotel untuk beristirahat.