Dyanetta NirmalaRamadhani

Nama: Dyanetta Nirmala Ramadhani Sekolah: SMP Labschool Jakarta

Perjalanan INVITA 2019

22 Oktober 2019   09:30 Diperbarui: 22 Oktober 2019   10:49 6

Selasa, 8 Oktober 2019, para siswa dan siswi SMP Labschool Jakarta angkatan 27 telah berkumpul di Stasiun Gambir pada jam 18.30 untuk mengikuti kegiatan INVITA. Apa itu INVITA? INVITA adalah singkatan dari Industrial Visit dan Tafakur Alam, dimana para siswa dan siswi SMP Labschool pergi ke Solo dan Jogja.

Setelah kami semua selesai sholat, kami akhirnya mulai menuju ke kereta api kami, Kereta Argo Lawu dipandu oleh tour guide kami dari kusuma wisata. Aku sangat menantikan naik kereta api karena aku belum pernah naik kereta api sebelumnya.

Setelah semua orang telah duduk dan diabsen, makan malam mulai dibagikan satu per satu. Tidak lama kemudian kereta kami pun jalan menuju tujuan kami, yaitu Solo.

Keesokan harinya, Rabu, 9 Oktober 2019 pada sekitar jam 4.15 kami dibangunkan oleh guru kami untuk menunaikan ibadah shalat subuh dan untuk bersiap-siap untuk turun di stasiun yang kami tuju, Stasiun Kereta Api Solo Balapan.

Setibanya, kami menuju bus kami masing-masing yang dibagi per kelas. Setelah kami semua sampai di bus dan sudah diabsen, kami bertemu dengan tour guide kami selama perjalanan kami di Solo dan Jogja yang juga dari Kusuma Wisata. Beberapa saat kemudian,perjalanan menuju tempat kami akan sarapan dan mandi pagi di mulai.

Sesampainya di sana, kami dipersilakan untuk mandi pagi terlebih dahulu saat makanan sedang disiapkan. Setelah mandi, kami berganti baju mengenakan dresscode hari itu, yaitu seragam batik sekolah.

Tak lama setelah aku selesai mandi, makanan telah dihidangkan dan siap untuk disantap. Setelah makan, kami diberikan beberapa waktu untuk istirahat dan bermain bersama teman-teman kami sebelum berangkat ke tujuan kami berikutnya, yaitu Museum Sangiran.

Kami sampai di Museum Sangiran setelah 30 menit perjalanan menggunakan bus. Museum Sngiran adalah museum arkeologi yang terletak di Kebayan II, Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Museum ini buka setiap hari kecuali hari Senin pada jam 8.00 sampai jam 16.00. Di museum ini kalian dapat melihat fossil-fossil asli atau buatan makhluk hidup dari zaman purba, mulai dari fossil hewan, manusia, sampai alat-alat yang digunakan para manusia zaman dulu. Kalain juga dapat melihat perubahan dalam struktur tubuh manusia.

Setelah dari sana, kami naik bus menuju ke PT. Sritex. PT. Sritex adalah pabrik tekstil yang didirikan pada tahun 1966 oleh Bpk. H. M. Lukminto. Disana kami dijelaskan tentang apa itu PT. Sritex dan kami juga diberikan kesempatan untuk melihat para karyawan PT. Sritex kerja di pabrik PT. Sritex, saat kami sedang mengunjungi pabriknya, kami tidak diperbolehkan untuk merekam ataupun mengambil gambar.

Setelah dari pabrik, kami menuju tempat dimana kami bisa membeli barang-barang seperti baju, topi, dan sebagainya yang dibuat oleh PT. Sritex.Setelah dari PT. Sritex kami berangkat ke Jogja lalu langsung menuju ke hotel dimana kami akan menginap untuk dua hari ke depan yaitu Hotel Cavinton.