Mohon tunggu...
Dwi Yuliati
Dwi Yuliati Mohon Tunggu... Penulis - Blogger | Freelancer | Badminton Lovers

Man Jadda Wajadda

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perjalanan Digital Bank Danamon di Era Digital

26 November 2017   19:48 Diperbarui: 27 November 2017   08:58 1323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : twitter Bank Danamon

Perkembangan digital teknologi rupanya sudah merambah ke dunia perbankan. Banyak sekali bank-bank yang terus berupaya untuk melakukan inovasi agar dapat terus memudahkan interaksi dan transaksi nasabahnya. Salah satu bank yang terus menerus berupaya melakukan inovasi adalah Bank Danamon. Bank yang sudah berdiri sejak tahun 1956 bertransformasi menjadi lebih cepat, lebih memahami kebutuhan nasabah dan memberikan kendali penuh untuk menentukan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan finansial nasabah.

Umumnya nasabah menginginkan layanan yang cepat dan mudah, serta tidak perlu repot-repot harus datang ke bank untuk melakukan setiap transaksi. Contohnya pada jaman dulu ketika perkembangan teknologi belum sepesat seperti sekarang ini, untuk sekedar melakukan transfer atau mengecek saldo tabungan, kita harus datang ke bank atau ATM. Tapi sekarang ini, sudah ada berbagai macam fitur dan aplikasi seperti sms banking, mobile banking maupun internet banking yang memudahkan kita untuk melakukan transaksi.

Bank Danamon terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan teknologi digital. Terbukti pada tahun 2014 Bank Danamon meluncurkan "D-Mobile" Danamon Mobile Banking Application. Kemudian pada tahun 2015 Bank Danamon kembali meluncurkan fitur e-commerce melalui Danamon Online Banking. Tak berhenti disitu saja, inovasi terus dilakukan oleh Bank Danamon di tahun 2016 dengan meluncurkan berbagai fitur seperti fitur Ponsel D-Cash, Dcard Mobile, serta peluncuran formasi baru akun-akun media sosial perusahaan untuk menghadirkan jaringan komunikasi dan informasi yang lebih efektif dan mudah diakses oleh nasabah dan pemangku kepentingan lainnya.

Digital journey atau perjalanan digital dari Bank Danamon tidak berhenti begitu saja. Namanya juga perjalanan, pastinya akan terus berjalan, terus melakukan inovasi yang entah sampai kapan akan berakhir untuk terus memenuhi kebutuhan para nasabah serta memberikan kemudahan dan kecepatan dalam hal layanan khususnya yang berbasis teknologi digital.

Di tahun 2017 ini Bank Danamon meluncurkan Danamon Connect yakni layanan transaksi keuangan terpadu untuk memudahkan dan membantu nasabah segmen Enterprise Banking(Korporasi, Komersial, Financial Institution, serta Usaha Kecil dan Menengah). Selain itu tahun 2017 ini Bank Danamon juga meluncurkan D-Point yang merupakan program point reward bagi nasabah.

Teknologi yang terus berkembang membuat Danamon senantiasa melakukan penyesuaian terhadap layanannya yang berbasis digital. Mulai dari meluncurkan aplikasi DCard Mobile, DConnect Mobile untuk bisnis, penyatuan akun media sosial (One Danamon), serta meremajakan tampilan dan fitur corporate websitenya yaitu www.danamon.co.id.

DCard Mobile

Dcard Mobile (sumber gambar : screen shot website Danamon)
Dcard Mobile (sumber gambar : screen shot website Danamon)
Salah satu fitur dari Bank Danamon adalah DCard Mobile. Dcard Mobile merupakan aplikasi smartphone untuk pemegang kartu kredit Bank Danamon. Aplikasi ini dapat didownload via Playstore atau Appstore. Aplikasi DCard Mobile Danamon memberikan kemudahan bagi pemegang kartu kredit untuk mengendalikan kartu kredit yang dimilikinya kapan saja dan dimana saja.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengakses transaksi yang menggunakan kartu kredit secara real time sehingga dapat memantau transaksi apa saja yang telah dilakukan dengan menggunakan kartu kredit Danamon, jadi apabila ada transaksi yang tidak sesuai, nasabah dapat langsung mengetahui.

Membayar tagihan dapat pula dilakukan dengan DCard Mobile sehingga tidak perlu lagi repot-repot pergi ke outlet pembayaran. Selain itu DCard Mobile dapat pula digunakan untuk transfer dana limit kartu kredit, perubahan transaksi belanja menjadi cicilan, dan melakukan pengajuan penambahan/pengurangan limit kartu kredit, penukaran point reward bahkan pengajuan kartu kredit baru.

Jika terjadi hal darurat, katakanlah kartu hilang, maka pemegang kartu kredit Danamon dapat melakukan pemblokiran kartu dan buka blokir kartu melalui aplikasi ini tanpa perlu menghubungi call center Hello Danamon atau pergi ke kantor cabang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun