Mohon tunggu...
Dwi Tobing
Dwi Tobing Mohon Tunggu... Personal Blog: https://dwitobing.blogspot.com/

A Natural Born Romance Junkie with An Introverted Sensing and An Extroverted Thinking

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Pencarian Panjang Demi Akses Drakor

6 Juni 2020   23:59 Diperbarui: 7 Juni 2020   09:52 84 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pencarian Panjang Demi Akses Drakor
Hari pertama streaming drakor, dapat sms cinta dari provider (dok.pribadi)

Setahun terakhir ini aku menjadi pecinta drama korea. Awalnya karena penasaran saja ketika temanku dengan gegap gempita menceritakan drama Korea yang sedang atau telah ditontonnya.

Memang jaman masih (lebih) muda dulu, aku sempat juga mengikuti beberapa judul drama Korea dan drama-drama Asia lainnya. Tapi itu kan dulu, di masa budaya Korea belum go global seperti sekarang ini. 

Ada dua pertanyaan yang sangat krusial ketika hendak memulai petualangan di dunia perdrakoran. Pertanyaan pertama adalah "Drama apa yang aku tonton duluan?", dan pertanyaan kedua adalah, "Bagaimana cara menontonnya?". 

Kalau dirunut lagi sejarahnya, jaman masih SMA, aku menonton drama Jepang lewat TV swasta. Tentu saja dengan sulih suara ke Bahasa Indonesia. Jaman kuliah, aku menonton "Meteor Garden", "Friends", "Autumn in My Heart", serta berbagai film dan drama Asia lainnya lewat CD hasil pinjaman dari teman. Bahkan ada seorang teman sejurusan ku, pria lho ini, rajin sekali merekomendasikan dan meminjamkan CD film-film Asia. 

Itu dulu. Sekarang DVD atau CD tak lagi populer. Bisa saja menonton lewat TV, tapi aku juga belum tahu drama yang sedang tayang itu apa dan jadwalnya kapan saja. Maka aku pun berkonsultasi dengan para suhu perdrakoran, bagaimana cara terbaik untuk mengakses drama Korea. Ketika itu, definisi terbaik adalah: gratis, iklan seminimal mungkin, kualitas gambar ciamik, selalu update dengan film dan episode drama terbaru, dan sudah dilengkapi subtitle. 

Maka pengembaraanku menonton drama Korea pun dimulailah. Judul drama sudah ditentukan, "My Love From Another Star" yang dibintangi Kim So-hyun dan Jun Ji-hun. 

Sesuai petunjuk para suhu, aku menontonnya secara streaming dari website dramacool. Kalau dicari dengan mesin google, ada banyak sekali website dramacool ini. Terus pilih yang mana? Gak usah pakai galau, klik aja satu persatu sampai nemu yang bisa diakses dengan lancar. 

Dramacool ini menggunakan subtitle bahasa Inggris. Tidak hanya drama Korea, tapi juga bisa menonton film Korea, reality show Korea, serta drama Jepang dan Taiwan. Selain streaming, kita juga bisa mengunduh drama dan film. Untuk mengaksesnya tidak perlu membayar maupun membuat akun. Iklan hanya muncul satu kali di awal, ketika mengklik ikon "play". 

Hari pertama menonton drama Korea lewat streaming dramacool, aku mendapatkan pesan dari provider. "Pemakaian internet hari ini sudah mencapai batas pemakaian wajar". Weleh! Padahal cuman nonton satu episode penuh, dan sebagian episode lanjutan. 

Ketika itu seorang suhu lain menyarankan streaming lewat website kissasian. Kurang lebih sama dengan dramacool; gratis dan iklan hanya muncul satu kali di awal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x