Mohon tunggu...
Dwi Septiono unsia
Dwi Septiono unsia Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Siber Asia

MJ

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Soft Power untuk Meredam Krisis Pandemi Covid-19

1 Agustus 2021   09:26 Diperbarui: 1 Agustus 2021   09:33 45 0 0 Mohon Tunggu...

Soft Power secara umum

Soft Power adalah kemampuan menarik perhatian dan menyertai dengan cara selain koersi (kekuasaan keras), persuasi menggunakan paksaan atau memberi uang. Kekuasaan lunak adalah kemampuan mengubah pilihan orang lain dengan cara membujuk dan menarik perhatian.

Kekuasaan lunak bersifat non-koersif. Hal-hal yang dipertimbangkan dalam kekuasaan lunak adalah budaya, nilai politik, dan kebijakan luar negeri. Belakangan ini, istilah ini juga dipakai untuk menyebut perubahan opini masyarakat melalui saluran yang kurang transparan dan lobi melalui organisasi politik dan non-politik besar.

Aparat desa dan Relawan Bansos desa Watu Gede, Kamesu, Boyolali, Jawa Timur membagikan paket sembako kepada warga Bulak Banteng Surabaya, Jawa Timur pada Minggu 18 Juli 2021. Pembagian Bantuan Sosial (Bansos) yang bersumber dari Dana desa ini dilakukan sebagai bentuk program pemerintah kepada masyarakat yang merasakan dampak PPKM Darurat, sekaligus mengajak masyarakat untuk pemberian vaksin dan penerapan protokol kesehatan.

Kepala desa dan segenap aparaturnya didampingi para relawan Posko membagikan 3000 Uang Tunai dan masker secara langsung ke Warga Watu Gede

Bansos Pandemi Covid19

Dwi Septiono seorang mahasiswa Univesrsitas Siber Asia mengatakan, pemberian bantuan sosial ini selain untuk membantu warga yang terdampak langsung oleh penerapan PPKM darurat, juga mengajak masyarakat bersama-sama melakukan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan dengan 5M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas.

"Semua yang kita lakukan ini bertujuan untuk keselamatan rakyat, oleh karena itu ayo kita terapkan prokes dalam kehidupan kita sehari-hari dengan 5M, dan vaksinasi bertujuan untuk meningkatkan herd immunity, sedangkan bansos sendiri untuk membantu masyarakat yang terdampak PPKM darurat," ujar Dwi Septiono.

Dwi Septiono juga menegaskan, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Watu Gede berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten/Kota, kiranya dapat didukung oleh masyarakat dengan kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi dari pemerintah.

"Dimohon kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi, ayo datang ke Puskesmas mendaftarkan diri. Harapan kami masyarakat yang belum divaksin silahkan datang," pungkas Dwi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN