Mohon tunggu...
Dwi Fitri Yudhanto
Dwi Fitri Yudhanto Mohon Tunggu... Mahasiswa teknologi pendidikan

Saya adalah mahasiswa Teknologi Pendidikan yang memiliki minat besar pada media kreatif dan isu-isu pendidikan, khususnya dalam pengembangan kurikulum. Saya memiliki perhatian tinggi terhadap detail, senang mempelajari hal-hal baru, dan memiliki cita-cita berkarier di industri kreatif. Saya berpengalaman dalam desain grafis, penyuntingan video, serta pembuatan animasi untuk keperluan media sosial maupun bahan ajar pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bhakti Akademisi: Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNNES Mengembangkan Tangga Belajar Matematika untuk Siswa ABK SMPN 27 Semarang

16 Juni 2025   12:10 Diperbarui: 16 Juni 2025   12:40 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan Media Kepada Guru Koordinator Siswa Inklusi SMP Negeri 27 Semarang

Semarang, JatengDaily.com – Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES), Shandy Fahrizal Prasetyo, menghadirkan inovasi media pembelajaran inklusif bertajuk “Tangga Belajar Matematika.” Karya kreatif ini dikembangkan sebagai bagian dari program Bhakti Akademisi, yang berfokus pada kontribusi nyata mahasiswa dalam dunia pendidikan.

Media ini dirancang khusus untuk digunakan di ruang sumber, yaitu ruang pembelajaran khusus bagi siswa berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar. Mengadopsi konsep permainan ular tangga, Tangga Belajar Matematika dilengkapi dengan papan permainan, pion, dadu, serta kartu soal dan kartu jawaban yang disesuaikan dengan materi matematika dasar.

“Melalui media ini, siswa ABK bisa belajar dengan lebih menyenangkan dan tidak merasa terbebani. Permainan ini juga membantu melatih fokus, meningkatkan kepercayaan diri, serta memperkuat pemahaman konsep matematika,” jelas Shandy.

Permainan ini menggunakan pendekatan game-based learning yang interaktif dan menyenangkan. Aktivitas belajar dalam bentuk permainan membantu meningkatkan motivasi belajar serta interaksi sosial antar siswa selama berada di ruang sumber.

Desain media dibuat ramah untuk siswa ABK, dengan penggunaan warna lembut, ikon visual yang menarik, dan font yang mudah dibaca. Semua elemen dikembangkan secara inklusif agar pengalaman belajar menjadi nyaman dan menyenangkan.

Karya ini merupakan wujud nyata dari kepedulian mahasiswa UNNES terhadap pendidikan inklusi. Diharapkan, Tangga Belajar Matematika dapat menjadi salah satu media pembelajaran alternatif yang efektif di ruang sumber, serta menginspirasi pengembangan media serupa di sekolah lainnya.

 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun